Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION( STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI DRAMA SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 4 BAYAH KABUPATEN LEBAK

GUNAWAN, HUDNI (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION( STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI DRAMA SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 4 BAYAH KABUPATEN LEBAK. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah siswa malas dalam mengikuti mata pelajaran Bahasa Indonesia dan siswa pasif ketika pembelajaran berlangsung. Pembelajaran Bahasa Indonesia masih menekankan pada konsep-konsep yang terdapat di dalam buku pelajaran Bahasa Indonesia dan guru belum memanfaatkan media atau metode pembelajaran yang dapat menarik minat siswa dalam kegiatan pembelajaran. Guru hanya menggunakan metode ceramah tanpa mengkombinasikannya dengan metode lain. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, diharapkan dapat membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada materi drama di kelas VIII SMPN 4 Bayah Kabupaten Lebak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain yang digunakan yaitu, true eksperimental Pretest-Postest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Bayah Kabupaten Lebak yaitu, kelas VIII B sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol yang menggunkan model pembelajaran kooperatif jigsaw, dengan subjek masing-masing kelas berjumlah 30 orang. Pengambilan sampel dilakukan secara acak atau random sampling. Pelaksanaan kelas eksperimen dilakukan pada tanggal 11, 15 dan 18 November 2014 sedangkan pelaksanaan kelas kontrol dilakukan pada tanggal 11, 13 dan 18 November 2014. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan soal tes awal (Pretest) dalam bentuk pilihan ganda dan soal tes akhir (Postest) dalam bentuk essay. Hasil analisis data pretest dan data postest menggunkan uji normalitas dengan menggunkan rumus Chi Kuadrat dan diperoleh data yang berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas data pretest dan data postest, yaitu menggunkan rumus f dan diperoleh varians homogen. Uji hipotesis pada data pretest menggunkan rumus uji t, dengan hasil terdapat perbedaan tes awal (pretest) antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, yaitu diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 52,83 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol hanya 45,46. Uji hipotesis pada tes akhir (postest) menggunkan rumus uji t, menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kelas eksperimen yang menggunkan model pembelajaran koopretaif tipe STAD memperoleh nilai rata-rata sebesar 69,13 dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunkan model pembelajaran kooperatif jigsaw hanyha memperoleh nilai rata-rata sebesar 58,16. Simpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dibandingkan dengan menggunkan model pembelajaran kooperatif jigsaw pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHilaliyah, Tatu196503182005012001
Thesis advisorIbnu Wahid, Farid197902072008121002
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Bahasa Indonesia.
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 11 Apr 2022 21:41
Last Modified: 11 Apr 2022 21:41
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11927

Actions (login required)

View Item View Item