SUHENDAR, AHDAR (2014) PENGARUH MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA DALAM PEMBELAJARAN DRAMA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI I CIBEBER TAHUN PELAJARAN 2014/2015. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PENGARUH MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA DALAM PEMBELAJAR.PDF - Published Version Restricted to Registered users only Download (18MB) |
Abstract
Keterampilan berbicara merupakan salah satu aspek kebahasan yang harus dikuasai di sekolah. Berfungsinya alat bicara dalam proses melambangkan suatu ujaran dan bagaimana ujaran tersebut diucapkan dengan tepat dan la ncar merupakan hal yang sangat penting dipertimbangkan dalam hal berbicara. Pembelajaran drama merupakan salah satu pembelajaran bahasa Indonesia yang banyak diminati oleh siswa. Namun, siswa merasa kesulitan dalam pemahaman naskah dan penjiwaan karakter tokoh yang akan diperankannya. Hal ini karena media dan pembelajaran yang monoton, kurang bervariasi membuat siswa kurang paham dan membosankan. Berdasarkan latar belakang tersebut, penggunaan media pembelajaran dalam proses pengajaran sangat dianjurkan untuk mempertinggi kualitas pengajaran. . Sehubungan dengan hal tersebut, maka perlulah diadakan suatu penelitian guna membantu menyelesaikan masalah yang ada. Dengan judul penelitian “Pengaruh Media Audiovisual terhadap Keterampilan Berbicara dalam Pembelaj aran Drama pada Siswa Kelas XI SMA N I Cibeber Tahun Pelajaran 2014 / 2015”. Rumusan masalah ini (1)bagaimanakah keterampilan berbicara dalam pembelajaran drama yang menggunakan media audiovisual (video klip drama OVJ berjudul biografi syahrini) pada siswa kelas XI SMA N I Cibeber Tahun Tahun Pelajaran 2014/2015 ? (2)bagaimanakah keterampilan berbicara dalam pembelajaran drama yang tidak menggunkan media audiovisual (video klip drama OVJ berjudul biografi syahrini) pada siswa kelas XI SMA N I Cibeber Tahun Pelajaran 2014/2015? (3)Apakah terdapat pengaruh penggunaan media audiovisual (video klip drama OVJ berjudul biografi syahrini) terhadap keterampilan berbicara dalam pembelajaran drama pasa siswa kelas XI SMA N I Cibeber Tahun Pelajaran 2014/2015? Kesimpulan dari penelitian ini bahwa kelas eksperimen nilai minimalnya adalah 69, nilai maksimalnya 96 dan nilai rata-ratanya 80,16. Kelas kontrol nilai mnimalnya adalah 63, nilai maksimalnya 88 dan nilai rata -ratanya 74. Setelah sempel berdistribusi normal dan homogen, maka dilakukan uji-t dan hasil t = ,85 > 1,67 t tabel , dengan mengacu pada kriteria pengujian, maka H ditolak yang artinya terdapat pengaruh media audiovisual terhadap keterampilan berbicara dalam pembelajaran drama pada siswa kelas IX SMA N I CIBEBER.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | erbicara, Media Audiovisual, Drama dan Eksperimen. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 11 Apr 2022 12:15 | |||||||||
Last Modified: | 11 Apr 2022 12:15 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11926 |
Actions (login required)
View Item |