Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MATCH MINE DENGAN PENDEKATAN KONFLIK KOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTS NEGERI CIWANDAN

MAULIDA, NENENG (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MATCH MINE DENGAN PENDEKATAN KONFLIK KOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTS NEGERI CIWANDAN. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MATCH MINE DENGAN PENDEKATAN KONFLIK KOGNITIF TERHADA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa. sebagian siswa merasa kesulitan dalam simbol-simbol matematika dan juga cara menuangkan ide-ide matematika. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa adalah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe match mine dengan pendekatan konflik kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa secara keseluruhan dan peningkatan komunikasi matematis siswa berkemampuan tinggi, sedang, rendah antara model pembelajaran kooperatif tipe match mine dengan pendekatan konflik kognitif lebih baik dari pembelajaran konvensional terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa MTs Negeri Ciwandan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa MTs Negeri Ciwandan. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe match mine dengan pendekatan konflik kognitif dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan komunikasi siswa secara keseluruhan dan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam klasifikasi kelompok (tinggi, sedang, rendah) setelah mendapatkan model pembelajaran kooperatif tipe match mine dengan pendekatan konflik kognitif lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMarethi, Indiana197903312005012001
Thesis advisorIskandar, Khairida197512062005012001
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif tipe Match Mine, Pendekatan Konflik Kognitif, Komunikasi Matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 11 Apr 2022 21:37
Last Modified: 11 Apr 2022 21:37
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11925

Actions (login required)

View Item View Item