Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ARTIKULASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN SERANG 2 (Kuasi Eksperimen Terhadap Peserta Didik Kelas IV SDN Serang 2)

Mulyasaroh, Mulyasaroh (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ARTIKULASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN SERANG 2 (Kuasi Eksperimen Terhadap Peserta Didik Kelas IV SDN Serang 2). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ARTIKULASI TER.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (56MB)

Abstract

Background of the research was caused by low result of cognitive learning results by learners, it is based on a preliminary study undertaken researches. The one of efforts to solve that problem was used cooperative learning model type of articulation. This research aimed to know the influence of cooperative learning model type of articulation toward the result of cognitive learning outcomes 4 th Grade. This research was conducted in SDN Serang 2 Regency academic year 2014/2015. The research method that used by the researcher was quasi experiment with Nonequivalent Control Group Design. The researcher also used cluster random sampling with chosen 2 classes as a technique for taking sample. In this research, class IV/D as an experiment class, and class IV/C as a control class. Based on the results of this study concluded that be found influence learning outcomes students with cooperatif learning model type of articulation with students using conventional learning model, because the learning outcomes students with cooperative learning model type of articulation different approach with students using conventional learning model It can be proofed by the result of t-test normal and homogeneous data quantification: thitung score= 2,13 with dk = n1 – 1 atau dk = n2 -1 = 30 – 1 = 29, = 0.05. Got score = 1,699.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorJamaludin, Ujang197708012005011002
Thesis advisorRahman Hakim, Zerry198003212010121001
Additional Information: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kognitif peserta didik, hal tersebut berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan peneliti. Salah satu upaya untuk mengatasi persoalan tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SD. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Serang 2 tahun ajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan ialah kuasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Teknik penarikan sampel yang digunakan ialah cluster sampling untuk memilih 2 kelas. Pada penelitian ini, kelas IV D sebagai kelas eksperimen dan kelas IV C sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional, karena hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi berbeda dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan dengan menggunakan Uji-t data normal dan homogen, yaitu: nilai thitung = 2,13 dengan dk = n1 – 1 atau dk = n2 -1 = 30 – 1 = 29, = 0.05 didapatkan nilai = 1,699.
Uncontrolled Keywords: cooperative learning model type of articulation, learning outcomes, conventional model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi, hasil belajar, konvensional
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 11 Apr 2022 20:34
Last Modified: 11 Apr 2022 20:34
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11924

Actions (login required)

View Item View Item