Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERSTRUKTUR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMPN 3 WARUNGGUNUNG PADA KONSEP EKOSISTEM

TRIANA, WAHYU (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERSTRUKTUR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMPN 3 WARUNGGUNUNG PADA KONSEP EKOSISTEM. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERSTRUKTUR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMPN 3 WARUNGGUNUNG.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (25MB)

Abstract

This research aimed to knowning influence of learning model structure inquiri to result studied student on ecosystem concept in SMPN 3 Warunggunung Kabupaten Lebak studied year of 2014-2015. Research methode used was quasi experiment methode with design nonrandomized control grup pretest-postest who using population student grade VII SMPN 3 Warunggunung. Research sample is VII A as a experiment class, and VIIB as a control class. Sample was collected using objective test option choices, affective observation sheet, and psychmotoric observation sheet. Research result shaws that the average yield cognitive posttest 82,5 (satisfied). Afective average yield control class for the was 2.56 (enaugh) and the average yield on the experiment class for the was 2.83 (good). Psychomotoric control class for the average yield was 2.87 (good) and for experiment class for the average yield was 92 (good). The result hypothesist for the influence of using structure inquiry model to result studied of students (cognitive, affective and psychomotoric) based analysis test-T had significant score 0,000<0,05 that prove H0 was rejected. Based research result there’s a influence of using structure inquiry medel to result studied student of SMPN 3 Warunggung on ecosystem concept.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSjaifuddin, Sjaifuddin196803012002131002
Thesis advisorSidik, Muhlisin197012121998021001
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terstruktur terhadap hasil belajar siswa pada konsep ekosistem di SMPN 3 Warunggunung Kabupaten Lebak tahun ajaran 2014-2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan desain nonrandomized control grup pretest-postest design dengan menggunakan populasi siswa kelas VII SMPN 3 Warunggunung. Sampel penelitian adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan menggunakan tes objektif pilihan ganda, lembar observasi afektif dan psikomotor. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata nilai kognitif siswa pretes kelas eksperimen yaitu 38.6 (kurang) dan nilai rata-rata postes 82.5 (memuaskan). Afektif nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 2.56 (cukup) dan rata-rata nilai afektif untuk kelas eksperimen yatu 2.83 (baik). Psikomotor kelas kontrol yaitu memiliki nilai rata-rata 2.87 (baik) dan untuk kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata psikomotor yaitu 2.92 (baik). Hasil uji hipotesis pengaruh penggunaan model inkuiri terstruktur terhadap hasil belajar siswa (kognitif, afektif, psikomotor) berdasarkan analisis uji t diperoleh nilai signifikansi 0,000< 0,05 yang berarti H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model inkuiri terstruktur terhadap hasil belajar siswa SMPN 3 Warunggunung pada konsep ekosistem
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran inkuiri terstruktur, hasil belajar, ekosistem learning model structure inquiri, result studied, ecosystem
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 11 Apr 2022 20:21
Last Modified: 11 Apr 2022 20:21
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11922

Actions (login required)

View Item View Item