AFRIANTI, AFRIANTI (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI TULIS DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA KELAS VII PADA KONSEP EKOSISTEM DI SMP NEGERI 5 KOTA TANGERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI TULIS ~1.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
This study aimed to determine the effect of Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) learning model on written communication skills and mastery of the concept for class VII Junior High School 5 Tangerang on ecosystem concept. Study method was quasi experimental with randomized control group pretest-posttest design. CIRC learning model used as independent variable, while written communication skills and mastery of concepts used as the dependent variable. Population in this study were all of students class VII on Junior High School 5 Tangerang, 2013/2014 academic year with sample class VII G as an experiment class and VII J as a control class. Simple random sampling used in this research by the sampling technique. Multiple-choice test, rubric assessment papers and observation sheet for practice CIRC as instruments. Data analysis techniques used was independent sample t-test with a confidence level of 95%. It can be concluded that the written communication skills of students was not affected by the CIRC learning model applied, but influenced on the mastery of student concept of class VII to the ecosystem concept.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap keterampilan komunikasi tulis dan penguasaan konsep siswa kelas VII SMP Negeri 5 Tangerang pada konsep ekosistem. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian randomized control group pretest-posttest design. Model pembelajaran CIRC sebagai variabel bebas, sedangkan keterampilan komunikasi tulis dan penguasaan konsep sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Tangerang, tahun ajaran 2013/2014 dengan sampel siswa kelas VII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VII J sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel berupa simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes pilihan ganda, rubrik penilaian makalah, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji independent sample t-test dengan tingkat kepercayaan 95%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CIRC tidak berpengaruh terhadap keterampilan komunikasi tulis siswa, tetapi terdapat pengaruh pada penguasaan konsep siswa kelas VII pada konsep ekosistem. | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | CIRC, keterampilan komunikasi tulis, penguasaan konsep : CIRC, written communication skills, mastery of concept | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QH Natural history Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 11 Apr 2022 20:14 | |||||||||
Last Modified: | 11 Apr 2022 20:14 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11921 |
Actions (login required)
View Item |