Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA KONSEP KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DI SMPN 1 SINDANGJAYA

OBAY SOBARIAH, NENG (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA KONSEP KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DI SMPN 1 SINDANGJAYA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA KONSEP KLASIFIKASI MAKHLUK HI~1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

This research was aimed to know the effect of problem based learning model on student’s learning outcomes on organizms classification concept. Dimensions were measured include (cognitive), (affective) and (psychomotor). The method used was quasy-experimental design with randomized control group pretestposttest. The population research were all students in class VII at SMP Negeri 1 Sindangjaya on academic year of 2013/2014 with sample were class VII as class experiment and class VII 8 as control class which taken by sample random sampling. The result of students cognitive learning measured to use objective test. Affective learning outcomes were measured use a questionnaire. The result psychomotor measured use observation sheet. Analysis of the result of hypothesis testing using t-test at significance level α = 0,05. The result showed that the cognitive abilities was 78,38 with good category. Affective abilities was 76,53 with high categories and psychomotor abilities was 82,38 with high category. It can be concluded that there was influence of the use problem based learning model on the concept classification life the human at SMP Negeri 1 Sindangjaya.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSjaifuddin, Sjaifuddin196803012002121002
Thesis advisorRachmawati, Dian198412242009122005
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada konsep klasisfikasi makhluk hidup. Aspek yang diukur meliputi aspek konten (kognitif), sikap (afektif) dan keterampilan (psikomotor). Metode yang digunakan adalah quasy ekperimen dengan desain randomized control group pretest-posttest. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sindangjaya tahun ajaran 2013/2014 dengan sampel penelitian kelas VII sebagai kelas eksperimen dan kelas VII 8 sebagai kelas kontrol yang diambil secara simple random samping. Hasil belajar kognitif siswa diukur menggunakan tes objektif. Hasil belajar afektif diukur dengan menggunakan angket. Hasil belajar psikomotor diukur menggunakan lembar observasi. Hasil analisis hipotesis dilakukan dengan uji-t pada taraf signifikasi α = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa kemampuan kognitif siswa yaitu 78,38 dengan kategori baik, kemampuan afektif siswa yaitu 76,53 dengan kategori tinggi dan kemampuan psikomotor yaitu 82,38 dengan kategori tinggi sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada konsep klasifikasi makhluk hidup di SMP Negeri 1 Sindangjaya.
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran berbasis masalah, hasil belajar dan klasisfikasi makhluk hidup. Problem based learning model, learning outcomes, the organizms classification
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 11 Apr 2022 11:29
Last Modified: 11 Apr 2022 11:29
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11908

Actions (login required)

View Item View Item