Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP (Studi Kuasi Eksperimen pada Kelas VIII Semester II di SMP Negeri 14 Kota Serang Tahun Ajaran 2016/2017)

PRIMAVERA, RIZKI (2016) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP (Studi Kuasi Eksperimen pada Kelas VIII Semester II di SMP Negeri 14 Kota Serang Tahun Ajaran 2016/2017). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (31MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajar siswa SMP, sehingga perlu dicari alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajar siswa, salah satunya ialah pembelajaran dengan strategi pembelajaran Think Talk Write (TTW). Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan strategi pembelajaran Think Talk Write (TTW) lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran diskusi kelompok, dan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan strategi pembelajaran Think Talk Write (TTW) lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran diskusi kelompok. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 14 Kota Serang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel diambil dua kelas dari delapan kelas yang ada, yakni kelas VIII-D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-E sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen penelitian berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan skala kemandirian belajar siswa. Dari penelitian ini dapat disumpulkan bahwa : 1) Pencapaian akhir kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan strategi Think Talk Write (TTW) lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran diskusi kelompok, 2) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan strategi Think Talk Write (TTW) lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran diskusi kelompok, 3) Pencapaian akhir kemandirian belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan strategi Think Talk Write (TTW) tidak lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran diskusi kelompok, 4) Peningkatan kemandirian belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan strategi Think Talk Write (TTW) lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran diskusi kelompok. Kata kunci: Strategi Pembelajaran Think Talk Write, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Kemandirian Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSetiani, Yani197608212008012010
Thesis advisorSudiana, Ria198101302008121001
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Think Talk Write, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Kemandirian Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 11 Apr 2022 10:45
Last Modified: 11 Apr 2022 10:45
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11897

Actions (login required)

View Item View Item