Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP (Penelitian Kuasi Eksperimen pada SMPN 20 Kota Serang)

PRITALIA, ADISTI PUTRI (2015) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP (Penelitian Kuasi Eksperimen pada SMPN 20 Kota Serang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK MODEL PEMBELAJARAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada siswa SMP. Padahal kemampuan pemecahan masalah matematis ini sangatlah penting dalam matematika. Oleh karena itu diperlukan upaya yang dapat meningkatkan kemampuan tersebut. Salah satu upaya yang dapat meningkatkan kemampuan tersebut dengan menerapkan pendekatan saintifik model pembelajaran Learning Cycle 7E. Penelitianini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapatkan penerapan pendekatan saintifik model pembelajaran Learning Cycle 7E lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran saintifik. Penelitian ini dilakukan di SMPN 20 Kota Serang. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 20 Kota Serang.Metode pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik cluster random sampling, dengan kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapatkan penerapan pendekatan saintifik model pembelajaran Learning Cycle 7E lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran saintifik, peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapatkan penerapan pendekatan saintifik model pembelajaran Learning Cycle 7E lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran saintifik. Kata kunci : kemampuan pemecahan masalah matematis, model pembelajaran Learning Cycle 7E, pendekatan saintifik.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFathurrohman, Maman198209252006041001
Thesis advisorNovaliyosi, Novaliyosi19800924006042002
Uncontrolled Keywords: kemampuan pemecahan masalah matematis, model pembelajaran Learning Cycle 7E, pendekatan saintifik.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 11 Apr 2022 10:32
Last Modified: 11 Apr 2022 10:32
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11891

Actions (login required)

View Item View Item