Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Berbasis Budaya Banten untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP (Penelitian Kuasi Eksperimen)

TRIEPPENDI, PARIDA (2015) Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Berbasis Budaya Banten untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP (Penelitian Kuasi Eksperimen). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBASIS BUDAYA BANTEN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MA~1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah kemampuan koneksi matematis dan kemandirian belajar sangat rendah. Hal ini disebabkan oleh kegiatan pembelajaran yang masih didominasi oleh aktivitas guru serta tidak mengkaitkan materi dengan permasalahan realistik yang dialami oleh siswa. Berdasarkan hal tersebut, upaya yang dilakukan adalah dengan menggunakan penerapan pendekatan realistic mathematics education (RME) berbasis budaya Banten sebagai sarana pembelajaran yang menawarkan suatu konsep belajar yang membantu siswa dalam menumbuhkan kemampuan koneksi matematis dan kemandirian belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah apakah pencapaian akhir dan peningkatan kemampuan koneksi matematis dan kemandiriran belajar siswa yang diberikan pembelajaran dengan penerapan pendekatan RME berbasis budaya Banten lebih baik dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Padarincang dan sampelnya adalah dua kelas yang diambil secara cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan koneksi matematis dan kemandirian belajar. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pencapaian akhir dan peningkatan kemampuan koneksi matematis dan kemandirian belajar siswa yang diberikan pembelajaran dengan penerapan pendekatan RME berbasis budaya Banten lebih baik dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorNindiasari, Hepsi197803212005012002
Thesis advisorNovaliyosi, Novaliyosi19800924006042002
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 11 Apr 2022 10:28
Last Modified: 11 Apr 2022 10:28
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11889

Actions (login required)

View Item View Item