Pertiwi, Intan Dian (2016) ANALISIS PSIKOLOGI HUMANISTIK MASLOW PADA TOKOH RASUS DALAM NOVEL RONGGENG DUKUH PARUK KARYA AHMAD TOHARI: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SMA. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text
ANALISIS PSIKOLOGI HUMANISTIK MASLOW PADA TOKOH RASUS DALAM NOVEL RONGGENG DUKUH PARUK KARYA AHMA.PDF - Published Version Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan psikologi humanistik Maslow pada tokoh Rasus dalam novel Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari dan membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di SMA dari hasil analisis novel Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari. Sumber data penelitian ini adalah novel Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari yang diterbitkan oleh penerbit PT Gramedia Pustaka Utama tahun 2011 dengan jumlah 408 halaman. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik studi pustaka, sedang analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi. Keabsahan data yang didapat dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik triangulasi penyidik. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. Pertama, tokoh Rasus dapat dideskripsikan sebagai tokoh yang berhasil mengaktualisasikan dirinya. Dari beberapa karakteristik aktualisasi diri yang ada pada diri Rasus, pencapaian aktualisasi diri Rasus memang belum sepenuhnya maksimal. Masih ada beberapa sifat yang belum nampak dalam tindakan maupun pemikirannya. Meskipun Rasus belum memenuhi semua ciri-ciri orang yang telah beraktualisasi diri, tetapi Rasus telah menunjukan bahwa dirinya mampu menentukan pilihan yang pada awalnya membuat dirinya bimbang. Rasus telah berhasil menunjukan bahwa dirinya mampu memilih pilihan pasti dalam hidupnya. Rasus yakin pada dirinya, dan Rasus memiliki keteguhan dalam hatinya untuk menikahi Srintil, meskipun risiko yang terjadi harus diterimanya. Srintil yang tidak waras dan urusan dinas ketentaraan yang belum pasti akan ia tinggalkan atau ia akan memilih untuk pensiun dini. Namun yang pasti, Rasus telah menentukan hidupnya untuk menikahi Srintil. Kedua, Analisis kesesuaian antara novel Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari dan kriteria pemilihan bahan ajar di SMA menghasilkan temuan bahwa novel Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari memiliki kesesuaian dan kelayakan dari aspek bahasa, aspek psikologi, dan aspek latar belakang budaya. Hal ini menjadikan novel Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari dapat dimanfaatkan untuk menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di kelas XI.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | kebutuhan bertingkat, aktualisasi diri, psikologi sastra | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 11 Apr 2022 10:14 | |||||||||
Last Modified: | 11 Apr 2022 10:14 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11884 |
Actions (login required)
View Item |