Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN PEMBELAJARAN TREFFINGER DENGAN BANTUAN MANAJEMEN OTAK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF MATEMATIK SISWA (Studi Kuasi Eksperimen di Kelas VIII SMP Negeri 13 Kota Tangerang Tahun Ajaran 2015/2016)

Nabiela, Laras Ismi (2015) PENERAPAN PEMBELAJARAN TREFFINGER DENGAN BANTUAN MANAJEMEN OTAK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF MATEMATIK SISWA (Studi Kuasi Eksperimen di Kelas VIII SMP Negeri 13 Kota Tangerang Tahun Ajaran 2015/2016). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN PEMBELAJARAN TREFFINGER DENGAN BANTUAN MANAJEMEN OTAK UNTUK MENINGKATKAN.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan penalaran adaptif matematik siswa sebagai salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa pada jenjang pendidikan menengah. Salah satu alternatif pembelajaran matematika yang dirasa cukup efektif untuk menumbuhkan kemampuan penalaran adaptif matematik siswa adalah dengan pembelajaran treffinger dengan bantuan manajemen otak. Pembelajaran ini memiliki 3 tahap sebagai langkah pembelajarannya, yaitu basic tools, practice with procsess, dan working with real problem yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran adaptif matematik siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Peningkatan kemampuan penalaran adaptif matematik siswa yang menggunakan pembelajaran treffinger dengan bantuan manajemen otak lebih baik dari pada kemampuan penalaran adaptif matematik siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional (2) Siswa pada kelas eksperimen memiliki sikap yang positif terhadap pelajaran matematika dengan menggunakan pembelajaran treffinger dengan bantuan manajemen otak. Hal ini diperoleh dari perhitungan rata-rata sikap siswa terhadap pembelajaran treffinger dengan bantuan manajemen otak yaitu sebesar 78,72% siswa memberikan respon yang baik. Dengan demikian pembelajaran treffinger dengan bantuan manajemen otak memberikan suasana belajar yang menyenangkan sehingga memungkinkan siswa mengembangkan kemampuan penalaran adaptif matematiknya. Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif treffinger dengan bantuan manajemen otak, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMARETHI, INDIANA197903312005012001
Thesis advisorKhairunnisa, Etika198803272014042001
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kooperatif treffinger dengan bantuan manajemen otak, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 11 Apr 2022 09:59
Last Modified: 11 Apr 2022 09:59
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11881

Actions (login required)

View Item View Item