Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN MODELPEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP

APRIYANI, RENI (2015) PENERAPAN MODELPEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN MODELPEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUA.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa di Rangkasbitung yang diperoleh dari hasil studi pendahuluan.Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa yang mendapatkan model pembelajaran kontekstual dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa.Penelitian ini dilaksanakan di salah satu SMP N Rangkasbitung pada semester genap tahun ajaran 2014/2015.Metode yang dugunakan adalah kuasi eksperimen. Sampel diambil dua kelas dari sepuluh kelas, yang dijadikan kelas eksperimen yaitu kelas VII E yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kontekstual dan kelas kontrol yaitu VII B yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran biasa. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis pada pokok bahasan segitiga dan segiempat dan instrumen nontes berupa skala kemandirian belajar siswa, lembar observasi dan dokumentasi. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa, peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa yang mendapatkan yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa. Kata kunci :Pemecahan masalah matematis, kemandirian belajar, model

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorNindiasari, Hepsi197803212005012002
Thesis advisorJaenudin, jaenudin197901072009121003
Uncontrolled Keywords: :Pemecahan masalah matematis, kemandirian belajar, model
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 10 Apr 2022 22:09
Last Modified: 10 Apr 2022 22:09
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11858

Actions (login required)

View Item View Item