Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS NILAI-NILAI DIDAKTIS PADA CERITA RAKYAT KI MAS MUNIGAR DI MASYARAKAT KOSAMBI II CINANGKA DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MEMBACA DI SMA KELAS X

Maulana, Roni Irfan (2016) ANALISIS NILAI-NILAI DIDAKTIS PADA CERITA RAKYAT KI MAS MUNIGAR DI MASYARAKAT KOSAMBI II CINANGKA DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MEMBACA DI SMA KELAS X. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
ANALISIS NILAI-NILAI DIDAKTIS PADA CERITA RAKYAT KI MAS.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Analisis didaktis pada dasaranya mempelajari nilai nilai pendidikan yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari baik secara formal maupun non formal. Cerita rakyat yang berkembang dimasyarakat lahir dari masyarakat lisan yang berbaur dengan masyarakat lain dan terlibat secara penuh dengan penciptaannya. Cerita rakyat ialah suatu kebudayaan kolektif yang tersebar dan diwariskan secara turun-temurun, di antara kolektif macam apa saja, secara tradisional dalam versi yang berbeda, baik dalam bentuk lisan maupun contoh yang disertai dengan gerak isyarat atau alat pembantu pengingat. Adapun pertanyaan-pertanyaan yang memandu penelitian ini adalah 1) Bagaimana bentuk nilai didaktis yang terkandung dalam cerita rakyat Ki Mas Munigar di masyarakat Kosambi II Cinangka? 2) Apakah cerita rakyat Ki Mas Munigar di masyarakat Kosambi II dapat dijadikan bahan pembelajaran membaca di SMA kelas X. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam cerita rakyat Ki Mas Munigar. Penelitian ini berbentuk kualitatif deskriptif. Sumber data adalah cerita rakyat Ki Mas Munigar dalam bentuk lisan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik rakam catat. Validitas yang digunakan adalah triangulasi teori. penelitian tersebut menunjukkan bahwa dalam cerita Ki Mas Munigar terdapat nilai-nilai didaktis yang terkandung didalamnya. Nilai-nilai diaktis tersebut yaitu: (1) Nilai Etika (2) Nilai Filosofi (3) Nilai Agama (4) Nilai Intelektual. Cerita rakyat Ki Mas Munigar dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran di SMA dengan model pembelajaran membaca.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHadiansyah, Firman198009022006041004
Thesis advisorWahid, Farid Ibnu197902072008121002
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai didaktis, cerita rakyat Ki Mas Munigar, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 10 Apr 2022 14:48
Last Modified: 10 Apr 2022 14:48
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11845

Actions (login required)

View Item View Item