Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS NILAI RELIGIUS DALAM NOVEL 99 CAHAYA DI LANGIT EROPA KARYA HANUM SALSABILA RAIS DAN ALTERNATIF MODEL PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA KELAS XI BERBASIS KURIKULUM KTSP TAHUN PELAJARAN 2013-2014

PURNAWATI, EKA AFRIANTI (2015) ANALISIS NILAI RELIGIUS DALAM NOVEL 99 CAHAYA DI LANGIT EROPA KARYA HANUM SALSABILA RAIS DAN ALTERNATIF MODEL PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA KELAS XI BERBASIS KURIKULUM KTSP TAHUN PELAJARAN 2013-2014. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
ANALISIS NILAI RELIGIUS DALAM NOVEL 99 CAHAYA DI LANGIT EROPA KARYA HANUM SALSABILA RAIS DAN A.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Novel merupakan karya sastra yang mengemukakan suatu cerita bebas, menyajikan sesuatu secara lebih banyak, lebih rinci, lebih detail dan lebih banyak melibatkan berbagai permasalahan yang lebih kompleks. Nilai religius merupakan bagian dari nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra. Dengan adanya nilai religius, dapat memberi kesadaran batin untuk berbuat kebaikan, dan perlu ditanamkan kesadaran tentang pemahaman dan penghayatan terhadap nilai religius khususnya kepada siswa. Namun siswa SMA pada saat ini kurang termotivasi untuk menganalisis novel. hal ini dilatarbelakangi kejenuhan belajar di kelas serta judul-judul novel yang kurang menarik sehingga siswa sulit untuk memperoleh nilai-nilai yang terkandung di dalam novel tersebut. Untuk meningkatkan ketajaman berpikir dan kemampuan bernalar pada siswa terhadap novel, maka dalam kesempatan ini penulis bermaksud mengangkat sebuah judul analisis nilai religius novel 99 Cahaya di Langit Eropa Karya Hanum Salsabila Rais dan Alternatif Model Pembelajaran Sastra di SMA Kelas XI Berbasis Kurikulum KTSP Tahun Pelajaran 2013-2014. Hal inilah yang melatarbelakangi penyusunan skripsi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui ada tidaknya nilai religius yang terkandung dalam novel 99 Cahaya di Langit Eropa Karya Hanum Salsabila Rais, dan memberikan model pembelajaran sastra berbasis kurikulum KTSP yang sesuai untuk mengajarkan analisis nilai religius dalam novel yang berjudul 99 Cahaya di Langit Eropa Karya Hanum Salsabila Rais dan Alternatif Model Pembelajaran Sastra di SMA Kelas XI Berbasis Kurikulum KTSP Tahun Pelajaran 2013-2014. Untuk menjawab semua pertanyaan dalam rumusan masalah, penulis menggunakan metode penelitian deskriptif dengan mencari data dari novel 99 Cahaya di Langit Eropa Karya Hanum Salsabila Rais yang mengandung nilai religius. Adapun data tersebut berupa kalimat maupun paragraf yang terdapat dalam novel. Dari hasil yang diperoleh, dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam novel 99 Cahaya di Langit Eropa Karya Hanum Salsabila Rais terdapat nilaireligius.adapun nilai religius tersebut berupa doa adalah sebesar 21,74%, yang berupa pujian sebesar 13,04%, dan berupa ritual sebesar 65,22%. Nilai tersebut tampak dari ucapan, tingkah laku, dan pikiran para tokoh dalam novel 99 Cahaya di Langit Eropa Karya Hanum Salsabila Rais. novel 99 Cahaya di Langit Eropa Karya Hanum Salsabila Rais sangat sesuai dengan kriteria pemilihan bahan pengajaran sastra di SMA karena sarat dengan nilai-nilai kehidupan seperti nilai religius yang terkandung dalam novel 99 Cahaya di Langit Eropa Karya Hanum Salsabila Rais yang dapat menambah pengetahuan bagi siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFirmansyah, Dodi197611242001121002
Thesis advisorMawadah, Ade Husnul197906292005012004
Uncontrolled Keywords: Novel, Nilai Religius, Model Pembelajaran, Kurikulum KTSP.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 10 Apr 2022 14:25
Last Modified: 10 Apr 2022 14:25
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11842

Actions (login required)

View Item View Item