Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS KESULITAN SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

NINGSIH, ARYANI RAHAYU (2015) ANALISIS KESULITAN SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
ANALISIS KESULITAN SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMAHAMAN.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Kesulitan dalam memahami konsep menyelesaikan soal matematika SMP bukanlah hal yang baru, salah satunya adalah seringnya siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan masalah-masalah soal pemahaman konsep. Hal ini terlihat dari banyaknya kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal pemahaman konsep matematis. Soal pemahaman konsep mempunyai peranan penting dalam pembelajaran matematika karena siswa akan lebih mengetahui hakekat dari suatu permasalahan matematika ketika siswa dihadapkan pada soal pemahaman konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mengerjakan soal pemamahan konsep matematis dan kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal pemahaman konsep matematis. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Dari hasil penelitian kesulitan yang dialami siswa dalam mengerjakan soal pemahaman konsep matematis diperoleh berdasarkan tiap indikator yaitu pada indikator yang pertama siswa masih kurang memahami sifat-sifat dari bangun datar persegi panjang dan belah ketupat, pada indikator yang kedua siswa hanya menuliskan nama dari bangun datar segiempat tetapi tidak ada keterangan pada gambar mana yang dimaksud pada jawaban yang sudah dituliskan oleh siswa, pada indikator yang ketiga siswa masih merasa kebingungan menentukan jawaban yang tepat, pada indikator yang keempat siswa tidak bisa menjawab dikarenakan belum diajarkan oleh gurunya, pada indikator yang kelima siswa yang menjawab salah dikarenakan lupa dengan rumus dan waktu yang kurang maksimal sehingga siswa menjawab soal dengan sebisanya menjawab, dan pada indikator yang ketujuh siswa merasa kesulitan ketika diberikan soal cerita yang dianggapnya mengecohkan sehingga mereka tidak bisa menjawab dengan baik dan mereka juga bingung harus memulai darimana mereka menentukan jawabannya.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSetiani, Yani197608212008012010
Thesis advisorNovaliyosi, Novaliyosi198009242006042002
Uncontrolled Keywords: Kesulitan siswa, Pemahaman konsep matematis
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 10 Apr 2022 05:50
Last Modified: 10 Apr 2022 05:50
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11823

Actions (login required)

View Item View Item