Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS KESIAPAN GURU MATEMATIKA SMA DI KOTA SERANG TERHADAP PENERAPAN KURIKULUM 2013 TAHUN AJARAN 2014-2015

Sufi, Hasan (2014) ANALISIS KESIAPAN GURU MATEMATIKA SMA DI KOTA SERANG TERHADAP PENERAPAN KURIKULUM 2013 TAHUN AJARAN 2014-2015. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
ANALISIS KESIAPAN GURU MATEMATIKA SMA DI KOTA SERANG TERHADAP PENERAPAN KURIKULUM 2013 TAHUN AJAR.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1)menganaslisis kesiapan guru matematika di Kota Serang terhadap penerapan Kurikulum 2013. (2)mendeskripsikan hambatan dan upaya apa yang harus dilakukan. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi perkembangan ilmu pengetahuan bagi instansi atau sekolah negri maupun swasta, sebagai dasar konsep dan refrensi terutama dalam pengembangan kurikulum untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan instrument tes dan non tes, instrument tes menggunakan uji kompetensi dan instrument non tes menggunakan wawancara dan angket, subjek penelitian ini adalah guru matematika SMA di Kota Serang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposif sampling. Penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) kesiapan guru sudah siap, dengan hasil kompetensi pengetahuan dan pemahaman diukur menggunakan instrument tes sebesar 51,25% artinya kemampuan dan pemahaman guru kurang baik, kemudian kompetensi lainnya diukur dengan instrument non tes yaitu angket, dengan hasil rerata kompetensi kemampuan sebesar 3,9. Rerata kompetensi sikap sebesar 3,67 Rerata kompetensi nilai sebesar 4,08. Rerata kompetensi minat sebesar 3,47. Hasil keseluruhan didapat rerata sebesar 3,77 yang artinya baik. (2) beberapa hambatan dalam Kurikulum 2013, yaitu waktu, fasilitas, kemampuan siswa, jumlah siswa, materi yang diajarkan, dan buku siswa/guru. Kemudian upaya yang harus dilakukan diantaranya adalah harus diadakan sosialisasi atau merata kesetiap guru, materi yang diajarkan dikurangi.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorAnrian, Nurul198201192006042003
Thesis advisorIhsanudin, Ihsanudin197902162010121001
Uncontrolled Keywords: Kesiapan Guru, Implementasi Kurikulum 2013, Kompetensi.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 10 Apr 2022 05:42
Last Modified: 10 Apr 2022 05:42
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11822

Actions (login required)

View Item View Item