Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PREPOSISI DI DAN KE DALAM KARANGAN NARASI SISWA KELAS VIII MTS NURUL MUHTADIN TIGAMAYA WARINGINKURUNG SERANG

HERLINA, LELLY (2016) ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PREPOSISI DI DAN KE DALAM KARANGAN NARASI SISWA KELAS VIII MTS NURUL MUHTADIN TIGAMAYA WARINGINKURUNG SERANG. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PREPOSISI DI DAN KE DALAM KARANGAN NARASI SIS.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada masalah (1) bentuk kesalahan penulisan preposisi di dan ke dalam karangan narasi siswa kelas VIII MTS Nurul Muhtadin Tigamaya, Waringinkurung, Serang, (2) bentuk kesalahan penggunaan preposisi di dan ke dalam karangan narasi siswa kelas VIII MTS Nurul Muhtadin Tigamaya, Waringinkurung, Serang, (3) usulan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menulis di kelas VIII dengan memanfaatkan hasil analisis. Berdasarkan fokus masalah, penulis merumuskan masalah pertanyaan penelitian, yaitu (1) bagaimana bentuk kesalahan penulisan preposisi di dan ke dalam karangan narasi siswa kelas VIII MTS Nurul Muhtadin Tigamaya, Waringinkurung, Serang? (2) bagaimana bentuk kesalahan penggunaan preposisi di dan ke dalam karangan narasi siswa kelas VIII MTS Nurul Muhtadin Tigamaya, Waringinkurung, Serang, (3) bagaimana bentuk usulan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menulis di kelas VIII dengan memanfaatkan hasil analisis?. Penelitian yang dilakukan penulis bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan bentuk kesalahan penulisan preposisi di dan ke dalam karangan narasi siswa kelas VIII MTS Nurul Muhtadin Tigamaya, Waringinkurung, Serang, (2) mendeskripsikan bentuk kesalahan penggunaan preposisi di dan ke dalam karangan narasi siswa kelas VIII MTS Nurul Muhtadin Tigamaya, Waringinkurung, Serang, (3) menyusun usulan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menulis di kelas VIII MTS Nurul Muhtadin Tigamaya, Waringinkurung, Serang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah teknik observasi, teknik dokumentasi, dan teknik catat. Teknik analisis yang digunakan oleh penulis adalah teknik analisis isi karena sesuai dengan keperluan penelitian untuk mendeskripsikan secara objektif tentang kesalahan penulisan dan penggunaan preposisi di dan ke yang terdapat dalam karangan narasi siswa kelas VIII. Data yang ditemukan berdasarkan kesalahan penulisan preposisi di dan ke sebanyak 54 buah data dan kesalahan penggunaan preposisi di dan ke sebanyak 9 buah data. Total temuan secara keseluruhan sebanyak 63 buah data. Hasil analisis kesalahan penulisan dan penggunaan preposisi di dan ke dalam karangan narasi siswa kelas VIII MTS Nurul Muhtadin Tigamaya, Waringinkurung, Serang dapat dimanfaatkan untuk menyusun usulan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menulis di MTS.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMuhyidin, Asep197604072001121002
Thesis advisorTisnasari, Sundawati198511112010122004
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan Berbahasa, Preposisi, Karangan Narasi
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 10 Apr 2022 00:10
Last Modified: 10 Apr 2022 00:10
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11820

Actions (login required)

View Item View Item