Jahronah, Jahronah (2016) ANALISIS KEBUTUHAN FISIOLOGIS DAN KEBUTUHAN AKAN RASA AMAN TOKOH DAHLAN DALAM SEPATU DAHLAN KARYA KHRISNA PABICHARA DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI SMA. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text
Analisis Kebutuhan Fisiologis dan Kebutuhan akan Rasa Aman Tokoh Dahlan dalam Sepatu Dahlan Karya ~1.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Biografi selalu terikat dengan tokoh populer di masyarakat, kajian tokoh merupakan upaya memahami lebih dalam tentang tokoh yang diceritakan agar dapat meneladani riwayatnya. Pertanyaan pada penelitian ini, yaitu: Apa saja kebutuhan fisiologis dan kebutuhan akan rasa aman tokoh tokoh Dahlan dalam biografi Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara berdasarkan teori kebutuhan Abraham H. Maslow dan dapatkah hasil analisis ini dijadikan rencana pelaksanaan pembelajaran di SMA? Selanjutnya, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan fisiologis dan kebutuhan akan rasa aman tokoh Dahlan dalam biografi Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara dan mengetahui dapatkah hasil analisis ini dijadikan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) di SMA. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan psikologis melalui teori kebutuhan konatif Abraham H. Maslow. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif yang digunakan untuk menjawab pertanyaan penelitian. Kebutuhan konatif yang dianalisis adalah kebutuhan fisiologis dan kebutuhan akan rasa aman tokoh Dahlan dalam biografi Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara. Hasil analisis menunjukan bahwa kebutuhan fisiologis yang mendesak menuntut untuk terpenuhi, yaitu: makan dan istirahat dan kebutuhan akan rasa aman yang mendesak menuntut untuk terpenuhi, yaitu: ketenteraman, kepastian, perlindungan, ketergantungan, dan kebebasan dari kekuatan yang mengancam. Dahlan menunjukan motif kekurangan akibat tidak terpenuhinya kebutuhan fisiologis dan kebutuhan akan rasa aman, seperti: perut perih melilit-lilit, lemas, malnutrisi, merasa cemas, merasa tidak aman, merasa takut, dan melanggar nilai yang diyakini. Selanjutnya, hasil analisis dapat disusun sebagai rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) di SMA kelas XI semester II pada kompetensi memahami buku biografi tokoh.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Biografi, kebutuhan fisiologis dan kebutuhan akan rasa aman. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 09 Apr 2022 21:41 | |||||||||
Last Modified: | 09 Apr 2022 21:41 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11808 |
Actions (login required)
View Item |