Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS HISTORIOGRAFI PADA BIOGRAFI CHAIRUL TANJUNG SI ANAK SINGKONG KARYA TJAHJA GUNAWAN DIREDJA

Kholifah, Liswatun (2016) ANALISIS HISTORIOGRAFI PADA BIOGRAFI CHAIRUL TANJUNG SI ANAK SINGKONG KARYA TJAHJA GUNAWAN DIREDJA. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
ANALISIS HISTORIOGRAFI PADA BIOGRAFI CHAIRUL TANJUNG SI ANAK SINGKONG KARYA TJAHJA GUNAWAN DIREDJ.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Latarbelakang penelitian ini adalah mengungkap unsur sejarah serta historiografi kehidupan, pendidikan dan karir yang terjadi pada Chairul Tanjung sebagai tokoh yang dibahas pada biografi Chairul Tanjung si Anak Singkong karya Tjahja Gunawan Diredja dengan menggunakan kajian struktural yang pada umumnya dilakukan untuk menganalisis sebuah karya sastra. Sejarah seringkali menjadi pisau analisa yang kuat karena seringkali memberikan dasar yang kokoh untuk menguatkan pernyataan yang berkenaan dengan makna. Berdasarkan pemaparan latar belakang tersebut, penulis melakukan penelitian yang berjudul, “Analisis Historiografi pada Biografi Chairul Tanjung si Anak Singkong karya Tjahja Gunawan Diredja.” Buku biografi Chairul Tanjung si Anak Singkong karya Tjahja Gunawan Diredja mengandung unsur sejarah yang perlu diketahui struktur dalam setiap kejadian yang dialami oleh Chairu Tanjung. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengungkap historiografi kehidupan Chairul Tanjung di dalam buku biografi Chairul Tanjung si Anak Singkong karya Tjahja Gunawan Diredja (2) mengungkap historiografi pendidikanChairul Tanjung si Anak Singkong karya Tjahja Gunawan Diredja dan (3) mengungkap historiografi karirChairul Tanjung si Anak Singkong karya Tjahja Gunawan Diredja. Berkaitan dengan tujuan penelitian tersebut, metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis. Teknik analisis data yang dipilih dalam penelitian ini adalah teknik content analysis atau kajian isi, karena sesuai dengan tujuan penelitian untuk mengungkap dan mendeskripsikan secara objektif tentang analisis historiografi. Sumber data penelitian ini adalah buku biografi Chairul Tanjung si Anak Singkong Karya Tjahja Gunawan Diredja yang di terbitkan oleh Penerbit Buku Kompas pada tahun 2012. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simak dan catat. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian yang dilakukan peneliti dalam buku biografi Chairul Tanjung si Anak Singkong Karya Tjahja Gunawan Diredja yang berjumlah 41 data tabel, memperoleh hasil data sebanyak 36 buah data, masingmasing data historiografi kehidupan (HKd) berjumlah 8 buah data, historiografi pendidikan (HP) berjumlah 5 buah data dan historiografi karir (HK) berjumlah 23 buah data. Historiografi kehidupan yang ditemukan dalam data penelitian berjumlah lebih banyak di bandingkan dengan historiografi kehidupan dan historiografi pendidikan.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMawadah, Husnul197906292005012004
Thesis advisorSupena, Ahmad197804232008011010
Uncontrolled Keywords: Historiografi, Biografi, Unsur Ekstrinsik dan struktura
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 09 Apr 2022 17:01
Last Modified: 09 Apr 2022 17:01
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11801

Actions (login required)

View Item View Item