Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS BEBAN KOGNITIF PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS UNTUK SISWA SMP KELAS VII PADA TOPIK BANGUN DATAR SEGIEMPAT

MEYLINDA, AYU (2016) ANALISIS BEBAN KOGNITIF PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS UNTUK SISWA SMP KELAS VII PADA TOPIK BANGUN DATAR SEGIEMPAT. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
ANALISIS BEBAN KOGNITIF PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beban kognitif intrinsik, ekstrinsik dan konstruktif pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam memperoleh informasi-informasi baru dalam pembelajaran yang menyebabkan siswa tidak dapat mengingat materi yang telah dipelajari karena kapasitas memori pekerja tidak mampu menampungnya untuk dipindahkan ke dalam memori jangka panjang dalam bentuk skema. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif dan subjek penelitian adalah siswa SMP kelas VII. Intrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah, sedangkan instrumen nontes yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Dari 35 siswa, dipilih 9 orang siswa yang dijadikan subjek penelitian. Kesembilan subjek adalah 3 siswa dengan KPMM berkategori tinggi, 3 siswa dengan KPMM berkategori rendah dan 3 siswa dengan KPMM berkategori rendah. Dari instrumen yang digunakan, peneliti menganalisis beban kognitif yang muncul. Adapun hasil dari analisis peneliti yaitu beban kognitif yang dimiliki oleh siswa berbeda-beda. Siswa dengan KPMM tinggi memiliki beban kognitif konstruktif yang muncul terbilang banyak, sedangkan siswa dengan KPMM rendah kurang terlihat beban kognitif konstruktifnya. Sedangkan untuk beban kognitif intrinsik dan ekstrinsik untuk tiap individu berbeda-beda mengingat beban kognitif ini tergantung pada pandangan dan respons individu masing-masing dari karakteristik pembelajaran, materi, serta kondisi lingkungan belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHendrayana, Aan197503232003121001
Thesis advisorAsih, Indhira196906292003122001
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Beban Kognitif, Bangun Datar Segiempat
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 09 Apr 2022 06:23
Last Modified: 09 Apr 2022 06:23
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11784

Actions (login required)

View Item View Item