Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

OPTIMASI WAKTU SANDAR PADA SAAT PEAK DI PT.ASDP MERAK DENGAN LINEAR PROGRAMMING DAN WAKTU ANTRIAN MENUJU KAPAL MENGGUNAKAN TEORI ANTRIAN

Lucky Cinthya Dewi, Dinar (2015) OPTIMASI WAKTU SANDAR PADA SAAT PEAK DI PT.ASDP MERAK DENGAN LINEAR PROGRAMMING DAN WAKTU ANTRIAN MENUJU KAPAL MENGGUNAKAN TEORI ANTRIAN. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
OPTIMASI WAKTU SANDAR PADA SAAT PEAK DI PT.ASDP MERAK DENGAN LINEAR PROGRAMMING DAN WAKTU ANTRIAN MENUJU KAPAL MENGGUNAKAN TEORI ANTRIAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 2015.

Download (5MB)
Official URL: https://ft.untirta.ac.id

Abstract

PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) branch is the company Merak crossing transport services and the management of ports crossing for passengers, vehicles and goods. Fluctuations in freight traffic that occurs in Merak - Bakauheni very influential at intervals of departure, the number and the load capacity of the ship. fluctuations in transportation that occurs where the need for better preparedness of setting the loading and unloading of goods vehicles and passenger and scheduling, so there is no passenger diloket queue, the queue of vehicles that will go to the ship, the ship will dock queues and travel time. But conditions during peak transport services Merak still take a long time when berthing average of ± 80 minutes and a dock that is 60 minutes to do to get a berth optimal, therefore this research will be used optimization of the time the ship docked method of linear programming. Also used queuing theory to cope with long queues at peak. So the researchers aim to optimize time and optimize the system time berthing port services. Berthing time minimization with linear programming 48 minutes with X1 = 6 minutes, X2 = 6 minutes, X3 = 12 minutes = 12 minutes X4, X5 = 6 minutes, X6 = 6 minutes. Model optimal queuing time at the PT. ASPD Peacock Multi Channel - Multi Phase or Multiple Queue Some pelayananan Parallel Multi-Channel System - Multi Phase with the expectations of the amount of time the system entirely in the queue on the 8th stage of port services for 4-wheel vehicles more are for 60 minutes by means of linear programming. And system utilization factor (ρ) is at the stage of arrival is 20%, on the stage of the ship is 25%.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorEkawati, RatnaUNSPECIFIED
Thesis advisorLintang Trenggonowat, DyahUNSPECIFIED
Additional Information: PT. ASDP Indonesia Ferry (persero) cabang Merak adalah perusahaan jasa angkut penyebrangan dan pengelolaan pelabuhan penyebrangan untuk penumpang, kendaraan dan barang. Fluktuasi angkutan yang terjadi pada lintas penyeberangan Merak – Bakauheni sangat berpengaruh pada selang waktu keberangkatan, jumlah dan kapasitas muat kapal. fluktuasi angkutan yang terjadi dimana perlu adanya kesiapan baik dari pengaturan bongkar muat kendaraan barang dan penumpang dan penjadwalan, sehingga tidak terjadi antrian penumpang diloket, antrian kendaraan yang akan masuk ke kapal, antrian kapal yang akan sandar dan waktu tempuh. Akan tetapi Kondisi saat peak pelayanan angkutan penyeberangan Merak masih memakan waktu lama saat sandar rata- rata ± 80 menit dan waktu sandar yaitu 60 menit dilakukan untuk mendapatkan waktu sandar yang optimal, oleh karena itu penelitian ini akan digunakan optimasi waktu sandar kapal metode linear programming. Selain itu digunakan teori antrian untuk mengatasi antrian yang panjang pada saat peak. Sehingga peneliti bertujuan untuk mengoptimalkan waktu sandar dan mengoptimal waktu sistem pelayanan pelabuhan. Waktu sandar minimasi dengan linier programming 48 menit dengan X1 = 6 menit, X2 = 6 menit, X3= 12 menit, X4 = 12 menit, X5 = 6 menit, X6 = 6 menit. Model waktu antrian optimal di PT. ASPD Merak Multi Channel – Multi Phase atau Beberapa Antrian Beberapa Pelayananan Paralel Sistem Multi Channel – Multi Phase dengan ekspektasi jumlah waktu seluruhnya dalam sistem antrian pada 8 tahap pelayanan pelabuhan untuk kendaraan roda-4 lebih adalah selama 60 menit dengan cara linear programming. Dan Faktor utilisasi sistem (ρ) adalah pada tahap kedatangan adalah 20%, pada tahap kapal adalah 25%.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Pelabuhan, Optimisasi, Linier Programming, Teori Antrian Keywords : Port, Optimization, Linear Programming, Queuing Theory
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik
03-Fakultas Teknik > 26201-Jurusan Teknik Industri
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 08 Apr 2022 15:12
Last Modified: 08 Apr 2022 15:12
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11757

Actions (login required)

View Item View Item