Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

EFEKTIVITAS PROGRAM KEAKSARAAN USAHA MANDIRI (KUM) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR WARGA BELAJAR KEAKSARAAN FUNGSIONAL DI PKBM ALBIR SALAM PANDEGLANG

Suheni, Suheni (2014) EFEKTIVITAS PROGRAM KEAKSARAAN USAHA MANDIRI (KUM) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR WARGA BELAJAR KEAKSARAAN FUNGSIONAL DI PKBM ALBIR SALAM PANDEGLANG. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
EFEKTIVITAS PROGRAM KEAKSARAAN USAHA MANDIRI (KUM) DALAM MEN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 2014.

Download (6MB)

Abstract

Program Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM) merupakan program lanjutan dari keaksaraan fungsional yang ditujukan bagi masyarakat atau warga belajar yang telah menyelesaikan pembelajaran keaksaraan tingkat dasar dan tingkat lanjutan atau yang sudah memiliki SUKMA (Surat Keterangan Melek Aksara) dengan memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia. Program KUM terdiri dari anyaman (tampah, bakul dan piring lodor), tata boga (olahan hasil pertanian dan perikanan), menjahit(pakaian sehari-hari, sarung bantal, dan taplak meja) dan koperasi (simpan pinjam). Pelaksanaan program KUM berjalan sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Yaitu dimulai dari mendata warga belajar yang sudah memiliki SUKMA(Surat Keterangan Melek Aksara), membagi kelompok (1 kelompok minial 10 orang),identifikasi kebutuhan warga belajar dan sosialisasi program. Kegiatan pembelajarannya dilaksanakan 3 x pertemuan dalam satu minggu selama 3 bulan. Hasil belajar warga belajarnya semakin meningkat baik dari segi sikap, pengetahuan maupun keterampilannya. Serta mempunyai kemampuan mengaplikasikan pada kehidupan sehari-harinya apa yang telah didapat selama pembelajaran dalam rangka meningkatkan taraf hidupnya yaitu berwirausaha mandiri. Sedangkan efektivitas program KUM dalam meningkatkan hasil belajar warga belajar keaksaraan fungsional di PKBM Albir Salam Pandeglang yaitu ketika semua program KUM mengubah pola pikir hidup warga belajar dan menjadikan program KUM tersebut sebagai mata pencaharian baru. Kata kuncinya adalah efektivitas program Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM) dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSyadeli Hanafi, M195602011985031002
Thesis advisorArdie, Romli195608121984031002
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86205-Jurusan Pendidikan Nonformal
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 08 Apr 2022 11:39
Last Modified: 08 Apr 2022 11:39
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11741

Actions (login required)

View Item View Item