Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

EFEKTIVITAS PENGELOLAAN TAMAN BACAAN MASYARAKAT (TBM) DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA MASYARAKAT DI UPTD SKB KABUPATEN PANDEGLANG

Kurnia, Ening (2015) EFEKTIVITAS PENGELOLAAN TAMAN BACAAN MASYARAKAT (TBM) DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA MASYARAKAT DI UPTD SKB KABUPATEN PANDEGLANG. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
EFEKTIVITAS PENGELOLAAN TAMAN BACAAN MASYARAKAT (TBM) DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA MASYARAKAT.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only until 2015.

Download (4MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini secara khusus membahas tentang; (1) Bagaimana pengelolaan TBM di UPTD SKB Kabupaten Pandeglang dalam menumbuhkan minat baca masyarakat Ciekek? (2) Apakah TBM yang dikelola oleh UPTD SKB Kabupaten Pandeglang efektif dalam menumbuhkan minat baca masyarakat Ciekek? (3) Faktor penghambat dan pendukung penyelengaraan TBM di UPTD SKB Kabupaten Pandeglang dalam menumbuhkan minat baca masyarakat Ciekek?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah; (1) Untuk mengetahui implementasi pengelola TBM dalam menumbuhkan minat baca masyarakat Ciekek. (2) Untuk mengetahui efektivitas pengelola TBM dalam menumbuhkan minat baca masyarakat Ciekek. (3) Ingin mengetahui faktor pendukung dan penghambat penyelenggaraan TBM dalam menumbuhkan minat baca masyarakat Ciekek. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif karena data-data dipaparkan secara analisis deskriptif dari hasil observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pengelolaan TBM UPTD SKB Kabupaten Pandeglang dalam menumbuhkan minat baca masyarakat cukup baik, yaitu dengan direncanakan, dilaksanakan dan dievaluasi, yaitu Pertama pengelola merencanakan program yang terdiri dari latar belakang program yang akan dilakukan dan tujuan diadakannya program, pengelola mengidentifikasi kebutuhan masyarakat, Kedua pelaksanaan program terdiri dari jadwal kegiatan program dan susunan kepanitiaan, dan yang ketiga evaluasi program dilakukan sesudah kegiatan program berlangsung. TBM yang dikelola oleh UPTD SKB Kabupaten Pandeglang sudah efektif dalam menumbuhkan minat baca masyarakat, ini terbukti dengan adanya usaha yang dilakukan oleh pengelola TBM dalam upaya menumbuhkan minat baca pada masyarakat, yaitu dengan mengadakan kegiatan-kegiatan dan lomba-lomba. Faktor Pendukung penyelengaraan TBM di UPTD SKB Kabupaten Pandeglang dalam menumbuhkan minat baca masyarakat Ciekek, TBM berada di lingkungan UPTD SKB Kabupaten Pandeglang dibiayai oleh pemerintah. TBM dikelola oleh anggota-anggota yang bertempat tinggal di sekitar UPTD SKB Kabupaten Pandeglang. Saran dan prasarana, buku-buku, tersedia sebagai sumber bacaan masyarakat. Faktor Penghambat, Pengelola kurang memberikan pelayanan. Kurangnya sosialisasi pengelola kepada masyarakat dengan adanya TBM. Judul buku yang tersedia kurang menarik dan tidak up to date.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSuherman, Suherman1959021419850031003
Thesis advisorSholih, Sholih196006141987021002
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86205-Jurusan Pendidikan Nonformal
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 07 Apr 2022 15:31
Last Modified: 07 Apr 2022 15:31
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11733

Actions (login required)

View Item View Item