Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA (Studi Kuasi Eksperimen pada Kelas VIII MTs Negeri 1 Kota Serang Tahun Ajaran 2015/2016)

FIHASANAH, LINTA (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA (Studi Kuasi Eksperimen pada Kelas VIII MTs Negeri 1 Kota Serang Tahun Ajaran 2015/2016). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
Penerapan Model Pembelajaran Treffinger terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa (2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (36MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebagai salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa pada semua jenjang pendidikan termasuk pada jenjang pendidikan menengah dan kemandirian belajar siswa sebagai salah satu sikap yang berhubungan dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Salah satu alternatif yang dirasa cukup efektif untuk menumbuhkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran Treffinger. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian akhir dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa yang memperoleh model pembelajaran Treffinger dan model pembelajaran kooperatif. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kuasi eksperimen dengan non-equivalent kontrol group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 1 Kota Serang dengan dua kelas sebagai sampel penelitian. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, kesimpulan yang diperoleh adalah pencapaian akhir kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Treffinger tidak lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif, namun peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Treffinger lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif. Sedangkan pada kemandirian belajar, kesimpulan yang diperoleh adalah pencapaian akhir dan peningkatan kemandirian belajar siswa yang memperoleh model pembelajaran Treffinger lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif Kata kunci : Model Pembelajaran Treffinger, Kooperatif, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kemandirian Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSetiani, Yani197608212008012010
Thesis advisorSudiana, Ria198101302008121001
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Treffinger, Kooperatif, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kemandirian Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 07 Apr 2022 14:51
Last Modified: 07 Apr 2022 14:51
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11732

Actions (login required)

View Item View Item