Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP (Studi kuasi eksperimen di kelas VIII salah satu SMP Negeri di Kota Serang tahun ajaran 2014/2015)

PARANDURI, IKBAR HAFIDZINO (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP (Studi kuasi eksperimen di kelas VIII salah satu SMP Negeri di Kota Serang tahun ajaran 2014/2015). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITI.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis siswa. Sebagian besar siswa kesulitan dalam menyelesaikan suatu permasalahan matematika. Hal tersebut dikarenakan rendahnya kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis siswa dalam menyelesaikan suatu permasalahan dalam pembelajaran matematika. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis siswa adalah model pembelajaran project based learning. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII di salah satu SMP Negeri di Kota Serang tahun ajaran 2014/2015. Sampel dipilih dengan teknik cluster random sampling dari 8 kelas, didapat satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonekivalen. Jumlah sampel kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing berjumlah 30 siswa. Data penelitian menggunakan instrumen tes kemampuan berpikir kritis pada materi kubus dan balok dengan bentuk soal uraian. Data nilai hasil kemampuan berpikir kritis matematis siswa dianalisis dengan statistik deskriptif, inferensial dan uji kesamaan dua rata-rata. Data tes disposisi matematis siswa berupa angket. Data nilai hasil disposisi matematis siswa dianalisis dengan statistik deskriptif, inferensial dan uji kesamaan dua rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan : Kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran project based learning yang termasuk ke dalam kategori tinggi dengan rata-rata 80,62 lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran scientific yang termasuk ke dalam kategori rendah dengan rata-rata 55,81. Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh pembelajaran project based learning yang termasuk ke dalam kategori sedang dengan rata-rata 0,72 lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran scientific yang termasuk ke dalam kategori rendah dengan rata-rata 0,37. Disposisi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran project based learning yang termasuk ke dalam kategori sedang dengan rata-rata 72,91 lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran scientific yang termasuk ke dalam kategori sedang dengan rata-rata 67,59. Peningkatan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran project based learning yang termasuk ke dalam kategori rendah dengan rata-rata 0,50 lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran scientific yang termasuk ke dalam kategori rendah dengan rata-rata 0,40. Kata Kunci: Model Pembelajaran Project Based Learnidng, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa, Disposisi Matematis Siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorNindiasari, Hepsi197803212005012002
Thesis advisorYandhari, bu Indhira Asih Vivi196906292003122001
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Project Based Learnidng, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa, Disposisi Matematis Siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 07 Apr 2022 14:06
Last Modified: 07 Apr 2022 14:06
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11728

Actions (login required)

View Item View Item