Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI DI KELAS VII MTSN 1 KOTA SERANG Skripsi Diajukan sebagai salah satu syarat memperoleh gelar Sarjana Pendidikan

PUTRI, NUR DWI WIDYA (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI DI KELAS VII MTSN 1 KOTA SERANG Skripsi Diajukan sebagai salah satu syarat memperoleh gelar Sarjana Pendidikan. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI DI KELAS VII.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan menulis siswa di MTsN 1 Kota Serang yang masih kurang, serta pernyataan siswa yang mengatakan bahwa pembelajaran menulis meruapkan hal yang menyulitkan dan membosankan, serta pernyataan guru yang mengatakan bahwa dalam pembelajaran bahasa Indonesia belum pernah menerapkan model pembelajarna Make a Match. Rumusan masalah pada penelitian ini, yaitu; “Apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Make A Match terhadap kemampuan menulis teks deskripsi di kelas VII C MTsN 1 Kota Serang?”, “Apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap kemampuan menulis teks deskripsi di kelas VII A MTsN 1 Kota Serang?”, “Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan model pembelajaran Make A Match dengan penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaning terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa di kelas VII C dan VII A MTsN 1 Kota Serang?”. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini, yaitu siswa kelas VII MTsN 1 Kota Serang. Penelitian ini melibatkan dua kelas yaitu; kelas VII C sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII A sebagai kelompok kontrol. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, hasil pembelajaran menulis teks deskripsi dengan model make a match di kelas eksperimen yang nilai rata-rata pretes nya sebesar 60,1nilai pretest 60,1 sedangkan nilai rata-rata pretes kelompok kontrol sebesar 59,23. Hasil belajar siswa pada saat posttest di kelas eksperimen yang memiliki selisih 6,8 point dengan nilai rata-rata kelas eksperimen dan kontrol 81,1 dan 74,3. Terlihat adanya perbedaan yang signifikan dimana nilai kelompok ekspiremen yang menggunakan model make a match lebih tinggi disbanding nilai rata-rata kelompok kontol . Kemudian dilakukan uji perbedaan rata-rata tes akhir dengan menggunakan uji-t ix dua pihak dengan taraf signifikansi (α=0,05). Hasil perhitungan nilai t dengan dk = n 1 + n 2 – 2 = 30 + 30 – 2 = 58 , t x tabel = 2,002 dan t = 2,833, dengan kriteria jika –t tabel < t hitung > t tabel , maka H a diterima dan H hitung ditolak. Dari hasil perhitungan diperoleh -2,002 < 2,833 > 2,002 maka sesuai dengan kriteria pengujian H a o diterima. Artinya, terdapat perbedaan yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran make a match dan model pembelajaran student facilitator and explaining terhadap hasil menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII C dan VII A MTsN 1 Kota Serang. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran make a match berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII C MTsN 1 Kota Serang. Kata Kunci :Make a Match, kemampuan menulis, teks deskripsi.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorEDIWARMAN, EDIWARMANUNSPECIFIED
Thesis advisorTustiantina, DianaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Make a Match, kemampuan menulis, teks deskripsi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 07 Apr 2022 12:24
Last Modified: 07 Apr 2022 12:24
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11720

Actions (login required)

View Item View Item