Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REFLEKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP (Penelitian Kuasi Eksperimen di Kelas VIII Salah Satu SMP Negeri di Kabupaten Serang)

Wulandari, Ratna (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REFLEKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP (Penelitian Kuasi Eksperimen di Kelas VIII Salah Satu SMP Negeri di Kabupaten Serang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN TEKNIKANALISIS DESKRIPTIF MODEL BUDAYA ORGANISASI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penting dan rendahnya kemampuan penalaran matematis serta kemandirian belajar siswa SMP. Salah satu alternatif pembelajaran matematika adalah menggunakan model pembelajaran reflektif. Model pembelajaran reflektif memiliki lima tahapan sebagai langkah pembelajarannya yaitu pengenalan konteks, penyajian pengalaman, refleksi, aksi, dan evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian akhir dan peningkatan kemampuan penalaran matematis serta kemandirian belajar yang menerapkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran reflektif. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Serang tahun ajaran 2015/2016 dengan metode penelitian kuasi eksperimen dan desain penelitian non-equivalent control grup design. Penelitian ini mengambil dua sampel secara purposive sampling yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada hasil penelitian, didapatkan pencapaian akhir dan peningkatan kemampuan penalaran matematis serta kemandirian belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran reflektif lebih baik dari siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa. Kata Kunci: Kemampuan Penalaran Matematis, Kemandirian Belajar, Model Pembelajaran Reflektif.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorNindiasari, HepsiUNSPECIFIED
Thesis advisorKhairunnisa, EtikaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Penalaran Matematis, Kemandirian Belajar, Model Pembelajaran Reflektif.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 07 Apr 2022 11:43
Last Modified: 07 Apr 2022 11:43
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11714

Actions (login required)

View Item View Item