Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN TEKNIK THINK PAIR SQUARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA

Razak, Putra Abdul (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN TEKNIK THINK PAIR SQUARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN TEKNIKANALISIS DESKRIPTIF MODEL BUDAYA ORGANISASI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa di kota Tangerang. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa yang mendapatkan Model Pembelajaran Inkuiri dengan Teknik Think Pair Square dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran pendekatan saintifik dan penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 8 Kota Tangerang pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Sampel yang diambil dua kelas dari enam kelas IPA, yang dijadikan kelas eksperimen adalah kelas XI IPA 6 yang pembelajarannya menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Dengan Teknik Think Pair Square dan yang menjadi kelas Kontrol adalah kelas XI IPA 4 yang pembelajarannya menggunakan pendekatan saintifik. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen penelitian berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis pada pokok bahasan persamaan lingkaran dan instrumen non-tes berupa skala disposisi matematis siswa, serta dokumentasi. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran inkuiri dengan teknik Think Pair Square lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran pendekatan saintifik, peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran inkuiri dengan teknik Think Pair Square lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran pendekatan saintifik. Kata Kunci : Pemecahan Masalah matematis, Disposisi Matematis, Model Pembelajaran Inkuiri dengan Teknik Think Pair Square.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pemecahan Masalah matematis, Disposisi Matematis, Model Pembelajaran Inkuiri dengan Teknik Think Pair Square.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 07 Apr 2022 11:32
Last Modified: 07 Apr 2022 11:32
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11713

Actions (login required)

View Item View Item