IRMAYATI, IRMAYATI and Supriadi, Oman and Arenawati, Arenawati (2011) KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS KECAMATAN GROGOL KOTA CILEGON. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
|
Text (IRMAYATI NIM. 062407)
IRMAYATI 062407 - Copy.pdf - Published Version Download (740kB) | Preview |
Abstract
IRMAYATI. NIM. 062407. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Jurusan Administrasi Negara. Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Kecamatan Grogol Kota Cilegon. Pembimbing I Drs. H. Oman Supriadi, S.Sos., M.Si. Pembimbing II Arenawati, S.Sos., M. Si. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan Kesehatan, Pelayanan Publik Fokus penelitian ini adalah Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Kecamatan Grogol Kota Cilegon. Dengan rumusan masalahnya, yaitu bagaimana tingkat kualitas pelayanan kesehatan yang diterapkan di Puskesmas Kecamatan Grogol Kota Cilegon. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Kecamatan Grogol Kota Cilegon pada bulan Januari sampai bulan April. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kecamatan Grogol sebagai pengguna layanan dari Puskesmas Kecamatan Grogol Kota Cilegon yaitu sebanyak 7.817 orang. Dengan menggunakan tabel Issac dan Michael dengan taraf tingkat kesalahan 10%, maka sampel yang didapat adalah sebesar 263 responden. Teknik pengambilan sampelnya adalah dengan menggunakan Sampling Insidental. Teori yang digunakan adalah teori yang diungkapkan oleh Zeithaml, Berry & Parasuraman mengenai kualitas pelayanan terdiri dari 10 indikator, yaitu Tangibles (fasilitas fisik), Reliability (keandalan), Responsiveness (ketanggapan), Competence (kemampuan), Courtesy (keramahan), Credibility (dapat dipercaya), Security (keamanan), Access (akses), Communication (komunikasi), Understanding the customer (memahami pelanggan). Dalam mengumpulkan data yaitu dengan cara menyebarkan angket. Untuk mengalisis data menggunakan uji hipotesis t-test satu sampel untuk uji pihak kanan. Hasil perhitungannya diperoleh t hitung lebih besar dari pada t-tabel (5,02 > 1,645) dan didukung dari hasil yang dicapai hanya 66% dari nilai yang dihipotesiskan yaitu sebesar 65%. Ini berarti bahwa kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Kecamatan Grogol Kota Cilegon cukup optimal. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti tentang kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Kecamatan Grogol Kota Cilegon, maka peneliti menarik kesimpulan yakni nilai kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Kecamatan Grogol Kota Cilegon cukup baik. Sehingga peneliti memberikan saran agar lebih memaksimalkan unsure pelayanan yang masih dinilai kurang oleh masyarakat, agar pelayanan publik dapat menjadu maksimal dalam memberikan pelayanannya kepada masyarakat.
Item Type: | Thesis (Lainnya) |
---|---|
Additional Information: | IRMAYATI. NIM 062407. The University of Sultan Ageng Tirtayasa, The Faculty of Social and Political Science. Departement of State Administration. Quality Health Service in Puskesmas Grogol District in Cilegon. Advisor I Drs.H. Oman Supriadi, M.Si., Advisor II Arenawati S.Sos., M.Si. Keywords: Quality of Health Service, Public Service The focus of this study is the Quality of Health Service in Puskesmas Grogol District in Cilegon. With the formulation of the problem, namely how the level of quality health service that are applied at sub-district health center Grogol Cilegon. The purpose the study was to find how the Quality of Health Service in Puskesmas Grogol District in Cilegon. The method has been used was quantitative descriptive. The population in this study is the District Grogol as users of the service of Puskesmas Grogol District in Cilegon as many as 7817 people. By using tables Issac and Michael with a standard error rate of 10%, then the sample was obtained for 263 respondents. Sample collection technique is to use sampling incidental. The theory used is the theory expressed by Zeithaml, Berry & Parasuraman about service quality consists of 10 indicators, Tangible (physical facilities), Reliabilty, Responsiveness, Competence, Coutesy, Credibility, Security, Access, Communication, Understanding of customer. In collecting data that is by distribusing questionneries. In collecting data using t-test hypotesis testing one sample to test the left side. The result of the calculation is obtained t count greater than the t-table (5.02> 1.645) and supported from the results achieved only 66% of the value that is hypothesized that is equal to 65%. This means that the quality of health services in Puskesmas Grogol District in Cilegon are optimal. Based in results of research that has been conducted by researches about the quality of health service in Puskesmas Grogol District in Cilegon, the researches drew the conclusion that the quality of health service in Puskesmas Grogol District in Cilegon good enough. So the researchers provide advice to better maximize the service elements that are still valued less by society, for public service to a maximum in providing service to the public. |
Subjects: | H Social Sciences > Public Administration H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | Admin Eprints Untirta |
Date Deposited: | 23 Nov 2018 08:54 |
Last Modified: | 23 Nov 2018 08:54 |
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/1171 |
Actions (login required)
View Item |