Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PENILAIAN KINERJA DENGAN PEMBERIAN UMPAN BALIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN DISPOSISI MATEMATIS PADA SISWA SMP (Suatu Penelitian Mixed Method di Salah Satu SMP Negeri Kab. Lebak)

Hidayah, Fathia (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PENILAIAN KINERJA DENGAN PEMBERIAN UMPAN BALIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN DISPOSISI MATEMATIS PADA SISWA SMP (Suatu Penelitian Mixed Method di Salah Satu SMP Negeri Kab. Lebak). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PENILAIAN KINERJA DENGAN PEMBERIAN UMPAN BALIK TERHADAP KEM.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemahaman dan disposisi matematis siswa yang rendah. Upaya yang dilakukan dalam permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran berbasis penilaian dengan pemberian umpan balik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pencapaian akhir dan peningkatan kemampuan pemahaman dan disposisi matematis, untuk mengetahui gambaran kemampuan pemahaman dan disposisi matematis siswa di kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mixed methods) dengan populasi seluruh siswa kelas VIII pada salah satu SMP Negeri di Kecamatan Malingping. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah desain Concurent triangulation. Pengambilan sampel untuk data kuantitatif dilakukan dengan teknik cluster random sampling sedangkan untuk data kualitatif dilakukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa instrumen tes dan non-tes. Instrumen tes berupa soal uraian dan instrumen non-tes berupa observasi, wawancara, skala disposisi, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian diperoleh bahwa peningkatan dan pencapaian akhir kemampuan pemahaman dan disposisi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis penilaian kinerja dengan pemberian umpan balik lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran koopertif, peningkatan kualitas dan proses kegiatan pemahaman dan disposisi siswa juga lebih baik melalui model pembelajaran berbasis penilaian kinerja dengan pemberian umpan balik. Kata Kunci : Pembelajaran Berbasis Penilaian Kinerja, Pemahaman Matematis, Disposisi Matematis.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorNindiasari, HepsiUNSPECIFIED
Thesis advisorIhsanudin, IhsanudinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis Penilaian Kinerja, Pemahaman Matematis, Disposisi Matematis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 07 Apr 2022 11:22
Last Modified: 07 Apr 2022 11:22
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11709

Actions (login required)

View Item View Item