Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM) PADA PELAYANAN KANTOR PELAYANAN PERIJINAN TERPADU (KPPT) KABUPATEN LEBAK

Rusyana, Fickry and Stiawati, Titi and Wicaksono, Kristian Widya (2011) INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM) PADA PELAYANAN KANTOR PELAYANAN PERIJINAN TERPADU (KPPT) KABUPATEN LEBAK. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (Fickry Rusyana NIM 050548)
Skripsi FICKRY Rusyana - Copy.pdf - Published Version

Download (410kB) | Preview

Abstract

FICKRY RUSYANA, NIM 050548, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Serang-Banten, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Program Studi Ilmu Administrasi Negara, “Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Terhadap Pelayanan Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu (KPPT) Kabupaten Lebak”. Pembimbing 1, Titi Stiawati, S.Sos., M.Si., Pembimbing II, Kristian Widya Wicaksono, S.Sos., M.Si. Kata kunci : Indek Kepuasan Masyarakat, Pelayanan perijinan Salah satu tugas pokok pemerintah yang terpenting adalah memberikan pelayanan umum kepada masyarakat. Oleh karena itu, organisasi pemerintah sering pula disebut sebagai “pelayan masyarakat” (Public Servant). Kebutuhan akan pelayanan yang baik merupakan hak masyarakat, Sehingga apabila masyarakat menerima kinerja pelayanan yang kurang baik maka atas dasar pengalaman yang buruk itulah masyarakat dapat mnciptakan persepsi terhadap instansi ataupun lembaga yang memberikan pelayanan. Rumusan masalah yang diambil dalam penelitian ini adalah Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu (KPPT) Kabupaten Lebak. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran yang mendetail Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu (KPPT) Kabupaten Lebak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif, dimana yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kabpuaten Lebak yang melakukan pelayanan perijinan. Perhitungan sampel berdasarkan keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No: KEP/25/M.PAN/2/2004 sehingga didapat adalah 150 orang. Untuk menganalisa data menggunaka menggunakan ketentuan dari keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No: KEP/25/M.PAN/2/2004. Hasil penelitian menunjukan Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu (KPPT) Kabupaten Lebak adalah kurang baik. Karena dari hasil perhitungan dengan menggunakan “nilai rata-rata tertimbang” masing-masing unsur pelayanan yaitu mencapai nilai 58,79. dan Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu (KPPT) Kabupaten Lebak dari kisaran antara 43,76 – 62,50. Oleh karena itu, perlu ditingkatkan atas pelayanan perijinan yang dilakukan guna terciptanya pelayanan yang prima. Peneliti menyarankan bahwa pelayanan yang dilakukan oleh pegawai KPPT lebak harus diberikan reward and punisment kepada pegawai yang melakukan pelayanan dengan baik atau kurang baik.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: FICKRY Rusyana, NIM 050 548, University of Sultan Ageng Tirtayasa Serang- Banten, Faculty of Social and Political Sciences, Science Program Administration, "Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Toward an Integrated Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu(KPPT) Lebak regency." Advisor 1, Titi Stiawati, S. Sos., M.Si., Advisor II, Kristian Widya Wicaksono, S. Sos., M.Si. Keywords: Community Satisfaction Index, Services licensing One of the most important fundamental duty of government is to provide public services to the public. Therefore, government organizations are often referred to as "public servants" (Public Servant). The need for good service is the right of the people, so that when people receive unfavorable performance of services on the basis of the bad experiences that people can mnciptakan perceptions of institutions or agencies that provide services. The formulation of the problem are taken in this research is Against Public Satisfaction Index Licensing Services Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu(KPPT) Lebak. The purpose of this research is to provide a detailed picture of Communities Against Satisfaction Index Licensing Services Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu(KPPT) Lebak. The method used in this research is quantitative descriptive, where the population in this study is that people who perform services Kabpuaten Lebak licensing. Sample calculation based on the decision of the Minister of Administrative Reform No: KEP/25/M.PAN/2/2004 thus obtained is 150 people. To analyze the data make use of the term of the decree of the Minister of Administrative Reform No: KEP/25/M.PAN/2/2004. The result showed Satisfaction Index Society Against the Licensing Services Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu(KPPT) Lebak good. Because of the calculation results obtained was calculated by using the "weighted average value" of each element of service that is reaching the value of 72.99. and Against Community Satisfaction Index Licensing Services Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu(KPPT) Lebak from a range between 62.51 to 81.25. Therefore, it should be maintained and improved upon licensing services performed, and the elements that are still having problems or is not optimal to be repaired or evaluated.
Subjects: H Social Sciences > Public Administration
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 23 Nov 2018 08:42
Last Modified: 23 Nov 2018 08:42
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/1168

Actions (login required)

View Item View Item