Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP Penelitian Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 3 Kota Serang Tahun Ajaran 2014/2015

TJANTORO, RADHI (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP Penelitian Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 3 Kota Serang Tahun Ajaran 2014/2015. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan Pemecahan masalah matematis adalah model AIR (Auditory, Intellectually, Repetition). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pertama, apakah kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mendapatkan model pembelajaran AIR lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa; kedua, apakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mendapatkan model pembelajaran AIR lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa. Metode penelitian yang digunakan metode kuasi eksperimen dengan desain kontrol group non ekuivalen, populasi terukurnya siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Serang tahun ajaran 2014/2015. Penarikan sampel dengan teknik cluster random sampling, sampel dalam penelitian ini yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data penelitian menggunakan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dengan bentuk soal uraian. Data nilai hasil belajar dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial, uji perbedaan dua rerata. Hasil penelitian menunjukan: pertama, kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mendapatkan pembelajaran AIR lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa; kedua, peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mendapatkan model pembelajaran AIR lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa. Kata Kunci: Auditory, Intellectually, Repetition

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMarethi, IndianaUNSPECIFIED
Thesis advisorFakhrudin, FakhrudinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Auditory, Intellectually, Repetition
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 06 Apr 2022 17:59
Last Modified: 06 Apr 2022 18:01
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11677

Actions (login required)

View Item View Item