Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN METODE GUIDED NOTE TAKING (GNT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMK

Hermawan, Heru (2016) PENERAPAN METODE GUIDED NOTE TAKING (GNT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMK. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN METODE GUIDED NOTE TAKING (GNT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Hal ini sesuai dengan pengalaman penulis mengajar menunjukkan rendahnya skor kemampuan pemahaman matematis siswa di sekolah tersebut selain itu juga ditunjang dengan hasil penelitian oleh Programme for International Student Assesment (PISA) pada tahun 2009 yang menunjukan masih rendahnya kemampuan pemahaman konsep di Indonesia. Pemahaman konsep matematis sangatlah penting, dengan pemahaman konsep matematis siswa tidak hanya sekedar mengetahui suatu konsep tetapi dia juga dapat memahami lebih mendalam konsep tersebut sehingga dapat terhindar dari miskonsepsi. Oleh karena itu, maka diterapkanlah metode Guided Note Taking (GNT) karena metode ini memungkinkan siswa untuk aktif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman konsep matematik siswa yang mendapatkan pembelajaran metode guided note taking lebih tinggi dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional dan untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematik siswa yang mendapatkan pembelajaran metode guided note taking lebih tinggi dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan yaitu metode kuasi eksperimen, dengan desain “nonequivalent control group design”. Sampel diambil dua kelas dari sebelas sebagai kelas ekperimen yaitu kelas XI TPMI 4 yang pembelajarannya menerapkan metode guided note taking dan kelas kontrol yaitu kelas XI TITL 2 yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran konvensional (ceramah). Uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t. Hasil penelitian menunjukan kemampuan pemahaman konsep matematik siswa yang diberikan pembelajaran dengan metode guided note taking lebih tinggi daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional dan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematik siswa yang diberikan pembelajaran dengan metode guided note taking lebih tinggi daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Konflik Kognitif, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFathurrohman, MamanUNSPECIFIED
Thesis advisorPujiastuti, HeniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Konflik Kognitif, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 06 Apr 2022 15:02
Last Modified: 06 Apr 2022 15:02
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11662

Actions (login required)

View Item View Item