Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH MODEL GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 TANGERANG

Puspita Dewi, Ira (2014) PENGARUH MODEL GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 TANGERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH MODEL GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 TANGERANG.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Rumusan Masalah Penelitian ini adalah “Apakah pengaruh penggunaan model pemelajaran kooperatif group investigation terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Tangerang?”, “Apakah terdapat perbedaan antara pengaruh pengunaan model pemelajaran kooperatif group investigation dengan tidak menggunakan model kooperatif group investigation terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Tangerang?”. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Tangerang. Sedangkan sampel yang digunakan sebanyak dua kelas, yaitu kelas X IIS 4 sebagai kelas eksperimen (kelas group investigation), dan kelas X IIS 1 sebagai kelas kontrol. Simpulan penelitian ini, yaitu penggunaan model pemelajaran group investigation berpengaruh terhadap kemampuan menulis puisi di kelas X SMA Negeri 2 Tangerang. Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan nilai rata-rata siswa pada saat pretest sebesar 49,11 dan pada saat posttest menjadi 75,07 atau mengalami kenaikan sebesar 26,60. Sedangkan kelas kontrol yang tidak menggunakan model pemelajaran kooperatif group investigation peningkatan nilai rata-rata siswa pada saat pretest sebesar 57,88 dan pada saat posttest menjadi 65,92 atau mengalami kenaikan sebesar 7,5. Sehingga dapat dipahami bahwa penggunaan model pemelajaran group investigation berpengaruh terhadap kemampuan menulis puisi di kelas X SMA Negeri 2 Tangerang. Kemudian nilai rata-rata posttest kelas eksperimen dan kontrol yaitu 75,07 > 65,92 atau terpaut 9,15. Ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis puisi di kelas eksperimen dengan menggunakan model group investigation lebih besar dibandingkan kelas kontrol yang tidak menggunakan model kooperatif group investigation. Dengan demikian, model pemelajaran group investigation efektif digunakan dalam pemelajaran menulis puisi di kelas X SMA Negeri 2 Tangerang.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMuhyidin, Asep197604072001121001
Thesis advisorHerwan, Herwan197306142003121001
Uncontrolled Keywords: Model Group Investigation, Menulis, Puisi.
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 06 Apr 2022 09:42
Last Modified: 06 Apr 2022 14:40
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11653

Actions (login required)

View Item View Item