Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

EFEKTIVITAS PELATIHAN TATA RIAS RAMBUT DALAM PEMBERDAYAAN WARIA DI DINAS SOSIAL KABUPATEN SERANG

Ariani, Devi (2014) EFEKTIVITAS PELATIHAN TATA RIAS RAMBUT DALAM PEMBERDAYAAN WARIA DI DINAS SOSIAL KABUPATEN SERANG. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
EFEKTIVITAS PELATIHAN TATA RIAS RAMBUT DALAM PEMBERDAYAAN WARIA DI DINAS SOSIAL KABUPATEN SERANG.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 2014.

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana efektivitas pelatihan tata rias rambut dalam pemberdayaan wariadi Dinas Sosial Kabupaten Serang, (2) Bagaimana proses pelatihan tata rias rambut dalam melatih pemberdayaan waria di Dinas Sosial Kabupaten Serang, (3) Bagaimana dampak pelatihan tata rias rambut dalam pemberdayaan waria di Dinas Sosial Kabupaten Serang. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui efektivitas pelatihan tata rias rambut dalam pemberdayaan waria di Dinas Sosial Kabupaten Serang (2) untuk mengetahui proses pelatihan tata rias rambut dalam melatih pemberdayaan waria di Dinas Sosial Kabupaten Serang (3) Untuk mengetahui dampak pelatihan tata rias rambut dalam pemberdayaan waria di Dinas Sosial Kabupaten Serang. Pelatihan ini dilakukan di Dinas Sosial Kabupaten Serang. Pelatihan ini merupakan penelitian deskriptif, dimana data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara mendalam, studi dokyumentasi dan catatan lapangan, sumber data penelitian yaitu penyelenggara kegiatan pelatihan, instruktur, dan 20 peserta pelatihan tata rias rambut. Hasil penelitian ini menemukan bahwa bahwa pelatihan tata rias rambut dalam pemberdayaan waria di Dinas Sosial Kabupaten Serang sudah cukup efektif dalam meningkatkan keterampilan peserta pelatihan. Faktor pendukung dalam pelatihan ini yaitu adanya antusias dan semangat para peserta pelatihan, sarana prasarana yang cukup dan instruktur yang kompeten dibidangnya. Faktor penghambat dalam pelatihan ini yaitu kurangnya tenaga instruktur dan lingkungan masyarakat yang selalu selalu melihat dari segi negatifnya saja tanpa melihat dari segi positifnya. Dapat disimpulkan bahwa pelatihan yang dilaksanakan sudah sesuai dengan yang direncanakan dan peserta pelatihan mengalami antusias dan peningkatan yang signifikan, yang artinya pelatihan yang dilaksanakan sudah cukup efektif dalam meningkatkan keterampilan peserta pelatihan.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHidayat, Sholeh195805091984031003
Thesis advisorWahyudin, Li196705011990031005
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86205-Jurusan Pendidikan Nonformal
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 05 Apr 2022 15:01
Last Modified: 05 Apr 2022 15:01
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11650

Actions (login required)

View Item View Item