Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH METODE THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI DAMPAK PENCEMARAN LINGKUNGAN BAGI KEHIDUPAN DI SMPN 4 PANDEGLANG

Siti Herdiani, Evi (2014) PENGARUH METODE THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI DAMPAK PENCEMARAN LINGKUNGAN BAGI KEHIDUPAN DI SMPN 4 PANDEGLANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH METODE THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

This research was aimed to determine Think Talk Write (TTW) learning method toward student’s cognitive ability of 7 grade on the concept the impact of pollution to lifein SMP Negeri 4 Pandeglang.Population of this research were all students of 7 th th grade at SMP Negeri 4 Pandeglang academic year 2013/2014 with the sample was VII A as a control class and VII D as an experimental class. The method used was quasy experimental with randomized control group design.The sampling technique used in this study was simple random sampling. Data obtained through objective test, and observation sheets.The result showed that student’s cognitive ability average was 80,1, included to svery good category. Based on ttest analysis showed that TTW increased student’s cognitive ability in impact of pollution to lifeconcept in 7 grade student’s of SMPN 4 Pandeglang.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorNulhakim, Lukman197904092007101001
Thesis advisorRachmawati, Dian198412242009122005
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan kognitif siswa kelas 7 pada materi dampak pencemaran lingkungan bagi kehidupan di SMP Negeri 4 Pandeglang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 7 SMP Negeri 4 Pandeglang yang dilakukan secara simple random sampling pada tahun pelajaran 2013/2014 dengan sampel yakni kelas 7.A sebagai kelas kontrol dan 7.D sebagai kelas eksperimen. Metode penelitian ini adalah eksperimen semu yang menggunakan desain penelitian randomized control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes objektif, dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan kognitif siswa masuk dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 80,1. Berdasarkan hasil analisis statistika uji-t dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran TTW terhadap kemamapuan kognitif siswa kelas 7 pada materi dampak pencemaran lingkungan bagi kehidupan di SMP Negeri 4 Pandeglang.
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran TTW, kemampuan kognitif, pencemaran lingkungan. Cognitive ability, learning method TTW, the impact of pollution to life.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 05 Apr 2022 11:20
Last Modified: 05 Apr 2022 11:20
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11634

Actions (login required)

View Item View Item