Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN STUDENT CREATED CASE STUDIES (SCCS) TERHADAP KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA KELAS XI IPA PADA SUBKONSEP SISTEM GERAK MANUSIA DI SMA NEGERI 1 JAWILAN

PRAVITAWATI, ENDAH (2014) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN STUDENT CREATED CASE STUDIES (SCCS) TERHADAP KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA KELAS XI IPA PADA SUBKONSEP SISTEM GERAK MANUSIA DI SMA NEGERI 1 JAWILAN. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH METODE STUDENT CREATED CASE STUDIES (SCCS) TERHADAP KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA PADA SUBKONSEP SISTEM GERA~1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

This research is aimed to determine effect of Student Created Case Studies (SCCS) learning method to student’s communication skill on the subconcept of Human Musculosceletal System at SMA Negeri 1 Jawilan. This research used quasi experimental method with Randomized Control Group Only design. SCCS method as independent variable, and communication skill as dependent variable. Population of this research was students class of XI IPA at SMA Negeri 1 Jawilan in odd semester 2013/2014. The sample of this research was students of XI IPA 2 as experimental class, and students of XI IPA 3 as control class, wich determined by Simple Random Sampling. Data obtained by essay test, questionnaire, and observation sheets. Based on t test result signification is 0,000 < 0,05, it can be concluded that SCCS method has significant effect to student’s communication skill.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFirdaus, Najmi198003112005011002
Thesis advisorDarifah, Siti198002082010122002
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Student Created Case Studies (SCCS) terhadap keterampilan berkomunikasi siswa pada subkonsep Sistem Gerak Manusia di SMA Negeri 1 Jawilan. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain Randomized Control Group Only. Metode SCCS sebagai variabel bebas, dan keterampilan berkomunikasi sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Jawilan semester gasal tahun ajaran 2013/2014. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian, angket dan lembar observasi. Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai signifikansi adalah 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa metode SCCS berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan berkomunikasi siswa.
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berkomunikasi, Student Created Case Studies (SCCS) , Communication Skill, Student Created Case Studies (SCCS)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84201-Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 05 Apr 2022 10:26
Last Modified: 05 Apr 2022 10:34
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11633

Actions (login required)

View Item View Item