Akhmad, Dwi and Syarbini, Asnawi and Fuad, Anis (2011) EFEKTIVITAS ORGANISASI PADA KANTOR PELAYANAN PERIJINAN TERPADU (KPPT) KABUPATEN LEBAK. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
|
Text (Dwi Akhmad NIM. 041059)
SKRIPSI_DWI AKHMAD - Copy.pdf - Published Version Download (6MB) | Preview |
Abstract
Dwi Akhmad. Skripsi. Efektivitas Organisasi Pada Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu (KPPT) Kabupaten Lebak. Nim. 041059. Progam Studi Ilmu Administrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa 2011. Kata Kunci : Efektivitas Organisasi, KPPT Kabupaten Lebak Pemberian pelayanan publik oleh unit-unit kerja pemerintah kepada masyarakat merupakan perwujudan fungsi aparatur negara sebagai abdi masyarakat. Maka dari itu, salah satu bentuk penyediaan pelayanan publik yaitu dibentuknya Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten Lebak. Dimana Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu sebagai lembaga pemberi ijin yang ditetapkan dengan Keputusan Bupati Lebak nomor 26 Tahun 2004 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten Lebak, yang kemudian ditindaklanjuti dengan Peraturan Daerah Kabupaten Lebak nomor 3 Tahun 2005 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten Lebak. Fokus penelitian ini adalah Efektifitas Organisasi Pada Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten Lebak, dimana pelayanan perijinan terpadu adalah segala bentuk kegiatan pelayanan perijinan yang dilaksanakan oleh instansi pemerintah di lingkungan pemerintah Kabupaten Lebak dan lingkup BUMD dalam bentuk barang atau jasa, baik dalam rangka pemenuhan kebutuhan masyarakat maupun dalam rangka pelaksanaan ketentuan peraturan perundang-undangan. Permasalahan yang diambil yaitu; kurangnya sarana dan prasana penunjang kegiatan operasional, belum tersebarnya informasi akan keberadaan KPPT Kabupaten Lebak disebagian lapisan masyarakat, kurangnya tenaga teknis dan pelaksana adminstrasi dibidang perijinan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui tingkat efektivitas organisasi pada kantor pelayanan perijinan terpadu (KPPT) Kabupaten Lebak. Teori dasar yang digunakan sebagai kerangka acuan dalam penelitian ini yaitu konsep efektivitas organisasi menurut Gibson et al. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif, karena tujuan pokok dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan dan mengetahui tingkat prosentase efektivitas organisasi pada kantor pelayanan perijinan terpadu (KPPT) Kabupaten Lebak dalam memberikan pelayanan perjinan secara terpadu kepada masyarakat. Populasi penelitian adalah seluruh pegawai KPPT Kabupaten Lebak, dan teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh yaitu sebanyak 16 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui penyebaran kuesioner, melakukan observasi/ pengamatan, wawancara dan studi dokumentasi. Untuk menganalisis data menggunakan uji Hipotesis t-test satu sampel. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa efektivitas organisasi di KPPT Kabupaten Lebak sudah berjalan dengan efektif, dilihat dari hasil analisis dan perhitungan, serta kinerja KPPT dalam menjalankan kegiatan operasional dan memberikan pelayanan perijinan secara terpadu pada masyarakat, dan KPPT mampu menangani kendala-kendala yang ada baik internal maupun eksternal.
Item Type: | Thesis (Lainnya) |
---|---|
Additional Information: | Dwi Akhmad. SKRIPSI. Organizational Effectiveness At the Office of an Integrated Licensing Service (KPPT) Lebak. Nim. 041059. Public Administration Studies Progam. Faculty of Social and Political Sciences. University Sultan Ageng Tirtayasa 2011. Keywords: Organizational Effectiveness, KPPT Lebak The provision of public services by government work units to the community is a manifestation of the state apparatus functions as a public servant. Therefore, one form of public service provision is the establishment of the office of an integrated licensing service Lebak. The office of an integrated licensing service as a licensing agency established by the Decree of the Regent of Lebak No. 26 of 2004 on the establishment of the Organization and Administration of the office of an integrated licensing service, which is then followed by regional regulation of Lebak District number 3 of 2005 on the Establishment of Organization and Work of office of an integrated licensing service. The focus of this study is the Organizational Effectiveness of the office of an integrated licensing service (KPPT) Lebak regency, where integrated licensing service is any service licensing activities carried out by government agencies government environment Lebak and scope of public enterprises in the form of goods or services, either in order fulfillment communities and in implementing the provision rules and regulations. Problems are taken, namely: lack of facilities supporting operational activities, not to spread information of the existence of Lebak KPPT about some segments of society, lack of technical personnel and administrative executive in the field of licensing. The purpose of this study was to describe and determine the level of organizational effectiveness at the office of an integrated licensing service (KPPT) Lebak. The basic theory is used as a frame of reference in this research that the concept of effectiveness organization according to Gibson et al. The method used in this research is descriptive quantitative method, because the main purpose of this research is to describe and find out the percentage of organizational effectiveness at the office of an integrated licensing service (KPPT) Lebak in providing integrated licensing services to the public. The study population was all employees KPPT Lebak, and the sampling technique using saturated sample as many as 16 people. Data collection techniques used is through the dissemination of questionnaires, observation, interviews and documentation study. To analyze the data using hypothesis testing one sample ttest. Based on the results of research showed that the effectiveness of the organization in KPPT Lebak regency is effective, judging from the results of the analysis and calculations, and performance KPPT in running operations and provide services in an integrated licensing on society, and KPPT able to handle the constraints that exist both internally and externally. |
Subjects: | H Social Sciences > Public Administration H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | Admin Eprints Untirta |
Date Deposited: | 23 Nov 2018 08:20 |
Last Modified: | 23 Nov 2018 08:20 |
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/1163 |
Actions (login required)
View Item |