Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN METODE EVERYONE IS TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA SISWA SD ( Penelitian Tindikan Kelas Pada Siswa Kelas VI SDN SUKABARES)

YULIANTI, NIDA (2015) PENERAPAN METODE EVERYONE IS TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA SISWA SD ( Penelitian Tindikan Kelas Pada Siswa Kelas VI SDN SUKABARES). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN METODE EVERYONE IS TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa SD. Hal ini disebabkan karena kurangnya penggunaan metode pembelajaran yang bervariatif. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan metode Everyone is Teacher Here. (2) untuk meningkatkan sikap belajar siswa pada mata pelajaran matematika menggunakan metode Everyone is Teacher Here. Penelitian ini dilaksanakan di SDN SUKABARES waringin kurung pada semester ganjil tahun ajaran 2014/2015. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dua siklus, setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Analisis data pada penelitian ini menggunakan tes kemampuan komunikasi matematis, angket dan catatan lapangan. Hasil penelitian yang telah dilakukan, terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dan sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunaan metode Everyone is Teacher Here. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan komunikasi matematis, terlihat dari hasil pada siklus I mencapai 74,58% meningkat menjadi 84,16% pada akhir siklus II, sedangkan sikap siswa terhadap penggunaan metode Everyone is Teacher Here mencapai 83,87%. Simpulan yang dapat diambil adalah bahwa penggunaan metode Everyone is Teacher Here dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan kriteria sikap siswa sangat kuat. Kata kunci: Kemampuan komunikasi matematis, metode Everyone is Teacher Here.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorAsih,V,Y, IndhiraUNSPECIFIED
Thesis advisorDewi, Ratna SariUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan komunikasi matematis, metode Everyone is Teacher Here.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 04 Apr 2022 14:42
Last Modified: 04 Apr 2022 14:42
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11618

Actions (login required)

View Item View Item