Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS FUNGSI WILAYAH KABUPATEN TANGERANG DALAM FUNGSI PENDIDIKAN

NOURIFIANA, CITRA GIA and Sjafari, Agus and Jumiati, Ipah Ema (2011) ANALISIS FUNGSI WILAYAH KABUPATEN TANGERANG DALAM FUNGSI PENDIDIKAN. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (CITRA GIA NOURIFIANA NIM. 072692)
SKRIPSI - Copy.pdf - Published Version

Download (447kB) | Preview

Abstract

Citra Gia Nourifiana. NIM.072692. SKRIPSI. Penelitian ini disusun atas terjadinya diskriminisi penerimaan siswa baru di Kabupaten Tangerang dengan adanya pengkuotaan. Pendidikan adalah hak bagi seluruh warga nagara Indonesia khususnya penduduk usia sekolah untuk mendapatkannya dengan akses yang mudah dan bermutu baik. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Analisis Fungsi Wilayah Kabupaten Tangerang dalam Fungsi Pendidikan. Pembatasan masalah dalam penelitian ini hanya kepada daya dukung wilayah Kabupaten Tangerang dalam menyediakan fasilitas pendidikan yang lebih bermutu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana Analisis Fungsi Wilayah Kabupaten Tangerang dalam Fungsi Pendidikan dan untuk menganalisis kebijakan-kebijakan yang perlu dilakukan untuk mendukung terpenuhinya daya dukung wilayah Kabupaten Tangerang atas fasilitas pendidikan di Kabupaten Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi dokumentasi dan analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik settlement function analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kabupaten Tangerang belum mampu menyediakan daya tampung sekolah yang cukup memadai dan menunjukkan bahwa daya dukung Kabupaten Tangerang dalam menyediakan wilayah untuk pelayanan umum berupa fungsi pendidikan masih kurang. Oleh karena itu, pembangunan gedung sekolah baru ataupun penambahan ruang kelas sangat dibutuhkan di setiap Kecamatan yang ada di kabupaten Tangerang. Penambahan dana harus mendukung karena pendidikan bersifat darurat dan merupakan hak dasar warga negara Kabupaten Tangerang.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: Citra Gia Nourifiana. NIM.072692.SKRIPSI. This research was based on the discrimination in the admission of new student in Tangerang Regency by limiting the number of new students entering at the beginning of the new school year (quota). Education is a right for every Indonesian citizen, especially school-age citizens to have good quality education without obstacles. The problem statement of this research was How Tangerang Regency Function Analysis in the Role of Education is. The purpose of this study was to analyze how significant the Tangerang Regency function analysis in the role of education is and to analyze the policies that could be carried out for the fulfilment of the Tangerang Regency carrying capacity of educational facilities. The method used in this research was qualitative method. The data collection technique utilized in this research was the study of documentation and the data was analyzed using settlement function analysis technique. The results showed that Tangerang Regency had not been able to provide adequate school capacity and it indicated that Tangerang Regency still lacks in providing territory for public services in the form of educational units. Consequently, the construction of new school buildings or additional classrooms is needed in every district in Tangerang Regency. The injection of additional fund for education is essential because education is crucial for everybody and it is one of the basic rights to all citizens of Indonesia, which also includes the people of Tangerang Regency.
Subjects: H Social Sciences > Public Administration
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 23 Nov 2018 08:16
Last Modified: 23 Nov 2018 08:16
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/1161

Actions (login required)

View Item View Item