Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

DAMPAK PROGRAM PELATIHAN MENJAHIT TERHADAP KETERAMPILAN WARGA BELAJAR DALAM MEMENUHI TUNTUTAN DUNIA USAHA DAN DUNIA INDUSTRI (DUDI) DI LKP ROFIATUN KHASANAH

Maesaroh, Maesaroh (2014) DAMPAK PROGRAM PELATIHAN MENJAHIT TERHADAP KETERAMPILAN WARGA BELAJAR DALAM MEMENUHI TUNTUTAN DUNIA USAHA DAN DUNIA INDUSTRI (DUDI) DI LKP ROFIATUN KHASANAH. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
DAMPAK PROGRAM PELATIHAN MENJAHIT TERHADAP KETERAMPILAN WARGA BELAJAR DALAM MEMENUHI TUNTUTAN DU2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 2014.

Download (8MB)

Abstract

Terselenggraranya Lembaga Kursus dan Pelatihan(LKP) Menjahit memberikan solusi bagi masyarakat, khususnya para generasi produkrtif yaitu usia15-64 tahun, baik yang berpendidikan atau yang tidak dan tidak memiliki keterampilan menjahit yang dapat memberi peluang untuk masuk ke Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). Adapun masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Program pelatihan menjahit di LKP Rofiatun Khasanah 2. Pelaksanan program pelatihan menjahit di LKP Rofiatun Khasanah. 3. Dampak program keterampilan menjahit warga belajar dalam penyaluran lulusannya ke dunia kerja di LKP Rofiatun Khasanah Tujuan penelitian ini adalah: 1). Ingin mengetahui program pelatihan menjahit di LKP Rofiatun Khasanah 2). Ingin mengetahui pelaksanaan program pelatihan menjahit di LKP Rofiatun Khasanah. 3). Ingin mengetahui dampak program pelatihan menjahit warga belajar dalam penyaluran lulusanya ke dunia kerja di LKP Rofiatun Khasanh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sedangkan alat pengumpulan datanya menggunakan instrumen observasi dan wawancara. Untuk menganalisis data dilakukan dengan reduksi data, display data dan verifikasi data. Populasi dan sampel penelitian ini adalah pengelola, instruktur dan warga belajar LKP Rofiatul Khasanah. Dari hasil penelitian ini di dapat beberapa kesimpulan antara lain: Program pelatihan menjahit memiliki beberapa tahapan yang harus dilakukan diantaranya : mulai dari mengidentifikasi kebutuhan masyarakat, tujuan program, kriteria instruktur. Rekrutmen instruktur dan warga belajar, media infomasi yang digunakan instruktur, sasaran program pelatihan, syarat mengikuti pelatihan mnjahit, sarana dan prasarana, jenis-jenis kegiatan, jadwal kegiatan, jangka waktu, job order, dan sumber dana. Pelaksanaan program menjahit berjalan sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Sedangkan dari dampak program pelatihan menjahit dalam penyaluran dunia usaha dan dunia industri (DUDI) berdampak positif, karena terlihat dari para lulusannya yang sebagian besar diterima oleh perusahaan-peruahaan yang bermitra dengan LKP Rofiatun Khasan. Kata kunci : - Dampak program menjahit - Keterampilan Warga Belajar - Tuntutan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI)

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSholih, Sholih19600141987021002
Thesis advisorSuherman, Suherman195921419858031003
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : - Dampak program menjahit - Keterampilan Warga Belajar - Tuntutan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86205-Jurusan Pendidikan Nonformal
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 04 Apr 2022 13:26
Last Modified: 04 Apr 2022 13:26
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11593

Actions (login required)

View Item View Item