Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN SERANG NOMOR 11 TAHUN 2006 TENTANG PAJAK RESTORAN (Studi Kasus Pada Restoran Jenis Official Asessment di Kabupaten Serang)

Lisniaty, Afrila and Listyaningsih, Listyaningsih and Widyastuti, Yeni (2011) IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN SERANG NOMOR 11 TAHUN 2006 TENTANG PAJAK RESTORAN (Studi Kasus Pada Restoran Jenis Official Asessment di Kabupaten Serang). Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (Afrila Lisniaty NIM 050022)
IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN SERANG NOMOR 11 TAHUN 2006 TENTANG PAJAK RESTORAN, (AFRILA LISNIATY 050022) - Copy.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Afrila Lisniaty. NIM. 050022. Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Serang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pajak Restoran (studi kasus pada restoran jenis official assessment di Kabupaten Serang). Kata Kunci : Implementasi, Kebijakan, Pajak Restoran Official Assessment. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh upaya mengubah sistem perpajakkan daerah yang banyak menimbulkan kendala baik dalam penetapan maupun pemungutannya. Pemungutan pajak restoran di Kabupaten Serang diatur oleh Peraturan Daerah Kabupaten Serang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pajak Restoran. Secara umum peraturan daerah ini berisi tentang segala hal yang berhubungan dengan proses pemungutan pajak restoran di Kabupaten Serang. Pelaksanaan kegiatan pajak restoran ini dilaksanakan oleh negara dan pemerintah dengan berbagai kebijakan mulai dari kebijakan yang berupa perundang-undangan sampai dengan keputusan presiden dan atau keputusan menteri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Serang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pajak Restoran, khususnya restoran jenis official assessment di Kabupaten Serang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan, dari orang atau perilaku yang diamati dan kenyataan sosial yang terjadi pada masyarakat. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri dengan membuat kisi-kisi pertanyaan yang didasarkan pada dimensi keberhasilan implementasi kebijakan menurut teori Merilee S. Grindle yaitu, dimensi isi kebijakan dan konteks kebijakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Teknik analisis data penelitian ini menggunakkan teknik analisis interaktif dari Miles dan Huberman. Sedangkan untuk menguji validitas data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Serang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pajak Restoran, khususnya restoran jenis official assessment di Kabupaten Serang belum optimal karena masih banyak hambatan-hambatan dalam pelaksanaanya. Pertama, kurangnya sosialisasi dan dana. Dimana dana untuk merealisasikan program tersebut sangat sulit karena berbagai kendala yang ada pada dinas maupun lingkungannya. Kedua, kurangnya sumber daya ahli. Ketiga, kurangnya aksesbilitas untuk membantu atau mempermudah wajib pajak restoran membayarkan pajaknya. Dari penelitian ini, peneliti juga mencoba memberikan saran atau masukan yang dapat menjadi bahan pertimbangan bagi dinas yakni pertama, untuk meningkatkan kesadaran hukum wajib pajak atau masyarakat, kiranya perlu ditingkatkan penyuluhan atau sosialisasi. Kedua, kurangnya sumber daya ahli dinas perlu mengadakan pelatihan-pelatihan baik dalam bidang komputer maupun dalam kegiatan pemungutan pajak, sehingga dapat meningkatkan kemampuan petugas baik secara kuantitas maupun kualitas. Dan ketiga, untuk mempermudah wajib pajak restoran membayarkan pajaknya, kiranya dinas membuka cabang kas daerah pembantu.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: Afrila Lisniaty, NIM 050022. Implementation of Provincial Regulation No. 11 of 2006 on Tax Restaurants (case studies on the restaurant type of assessment official at Serang Regency) Keywords: Implementation, Policy, Restaurant tax assessment official This research is motivated by efforts to change the local taxation system which causes a lot of obstacles both in the determination or collection. Restaurant tax collection in Serang district governed by the laws of Serang Regency number 11 of 2006 regarding the restaurant tax. In general, this area contains rules on all matters relating to the process of tax collection restaurant in Serang District. Implementation of this restaurant tax activities conducted by state and government with a variety of policies ranging from policies in the form of legislation until a presidential decree and ministerial decrees. The purpose of this study is to determine the implementation of local regulations Serang Regency number 11 of 2006 regarding the restaurant tax, especially a restaurant type of assessment official in Serang District. The method used in this research is to use a qualitative approach, namely the research procedures that produce descriptive data in the form of words written or oral, of persons or behaviors were observed and social realities that occur in society. Instruments in this research is the researcher's own by making the lattice of questions based on the dimensions of successful implementation of policies according to the theory of Merilee S. Grindle is, the dimension of the policy content and policy context. Data collection techniques used were interviews, observation and documentation. The sampling technique used is purposive sampling. This study data analysis techniques using the interactive analysis techniques of Miles and Huberman. Meanwhile, to test the validity of the data using triangulation of sources and techniques. The results of this study indicate that the implementation of Serang district regulations number 11 of 2006 about restaurant taxes, especially the restaurant's official assessment of Serang Regency is not optimal because there are still many obstacles to its implementation. First, lack of socialization and funds. Where the funds to realize the program was very difficult because of various constraints that existed at the agency and its environment. Second, the lack of skilled resources both in quantity and quality. Third, the lack of accessibility to assist or facilitate the tax payers pay the restaurant tax. From this study, researchers also tried to give suggestions or input that can be taken into consideration for the service: first, to raise awareness of the law or society taxpayers would need to be increased education or socialization. Second, the lack of skilled resources department needs to conduct training both in the field of computers as well as in tax collection activities, thus increasing the ability of officers both in quantity and quality. And third, to facilitate the taxpayers pay their tax restaurant, presumably to open a branch office assistant regional cash.
Subjects: H Social Sciences > Public Administration
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 21 Nov 2018 03:00
Last Modified: 21 Nov 2018 03:00
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/1156

Actions (login required)

View Item View Item