Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH METODE INKUIRI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DEDUKTIF PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 KOTA SERANG

Faisal, Ahmad (2015) PENGARUH METODE INKUIRI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DEDUKTIF PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 KOTA SERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH METODE INKUIRI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DEDUKTIF PADA SISWA KELAS V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini didasarkan pada kenyataan bahwa kegiatan menulis sering dipandang sebagai kegiatan yang rumit oleh siswa. Oleh karena itu guru memiliki peranan yang penting, dan dibutuhkan kreativitasnya dalam menyiapkan pembelajaran. Salah satu faktor penting yang harus diperhatikan oleh guru adalah memilih dan menentukan metode yang tepat. Penggunaan metode inkuiri yang peneliti terapkan ini diharapkan dapat membantu siswa dalam meningkatkan keterampilan menulis paragraf. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil pemelajaran menulis paragraf di kelas VII SMP Negeri 6 Kota Serang tahun pelajaran 2014/2015, dan mengetahui adakah perbedaan hasil pemelajaran menulis paragraf antara yang menggunakan metode inkuiri dan yang menggunakan metode resitasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode eksperimen (True Esksperimental Design). Adapun design yang peneliti gunakan yaitu Rendomized control-group pretest-posttest design. Populasi peneliti ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 6 Kota Serang. Penentu sampel ditetapkan di kelas VII I sebagai kelas eksperimen yang terdiri atas 38 siswa, sedangkan kelas VII F sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 38 siswa. Adapun teknik pengolahan data, yaitu menggunakan rumus uji-t. Hasil penelitian ini yaitu keterampilan menulis paragraf. Berdasarkan hasil pretest eksperimen didapat nilai rata-rata 64,21, Adapun nilai rata-rata siswa sesudah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode inkuiri (posttest) adalah 79,34. Untuk kelas kontrol, dari hasil pretest didapat nilai rata-rata 62,76. Adapun nilai ratarata siswa sesudah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode resitasi (posttest) adalah 63,42. Hasil tersebut mempunyai arti bahwa terdapat perbedaan keterampilan menulis paragraf antara yang menggunakan metode inkuiri dengan yang menggunakan metode resitasi. Dalam hal ini, proses belajar mengajar untuk keterampilan menulis paragraf yang menggunakan metode inkuiri lebih baik daripada yang menggunakan metode resitasi.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMuhyidin, Asep197604072001121001
Thesis advisorTustiantina, Diana198212052006042002
Uncontrolled Keywords: Metode Inkuiri, Metode Resitasi, dan Keterampilan Menulis Paragraf
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 04 Apr 2022 09:29
Last Modified: 04 Apr 2022 09:29
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11550

Actions (login required)

View Item View Item