Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH RUST DAN TEGANGAN OVERPROTEKSI IMPRESSED CURRENT CATHODIC PROTECTION TERHADAP DISBONDING BAJA LR GRADE A

MAWADDAH, SITI MUTIA (2015) PENGARUH RUST DAN TEGANGAN OVERPROTEKSI IMPRESSED CURRENT CATHODIC PROTECTION TERHADAP DISBONDING BAJA LR GRADE A. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
5. WATERMARK PENGARUH RUST DAN TEGANGAN OVERPROTEKSI IMPRESSED CURRENT CATHODIC PROTECTION TERHADAP DISBONDING.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Korosi pada lambung kapal akibat kontak langsung dengan air laut merupakan salah satu permasalahan yang harus diperhatikan. Masalah tersebut dapat diatasi salah satunya yaitu dengan memberi coating dan proteksi katodik impressed current cathodic protection (ICCP). Untuk jangkauan yang luas, kadang kala terdapat kemungkinan terjadi overproteksi pada daerah tertentu terutama daerah yang dekat dengan anoda. Hal tersebut dapat menimbulkan terjadinya cathodic disbondment. Cathodic disbondment adalah keadaan ketika lapisan cat kehilangan daya lekat pada baja dikarenakan adanya tegangan dari proteksi katodik. Percobaan ini dilakukan dengan menggunakan sampel pelat LR Grade A yang dilakukan coating dengan primer coat epoxy dan top coat polyurethane. Pelat tersebut kemudian diberi cacat buatan dengan ukuran R2, R3 dan R4 (ISO 4628-3) atau sama dengan 0,5% ; 1% dan 8% dari luas permukaan pelat. Selanjutnya dilakukan impressed current cathodic protection dengan anoda steel, elekroda referensi Ag/AgCl dan tegangan overproteksinya yaitu -1,5 ; -2,0 ; -2,5 ; -3,0 ; -3,5 dan -4,0 volt. Media elektrolit yang digunakan adalah air laut. Kemudian diukur pertambahan kerusakan (disbonding) yang terjadi setelah 6 jam dan menganalisa produk korosi yang dihasilkan. Pada penelitian tersebut dapat diketahui bahwa semakin luas cacat, maka semakin kecil daerah disbonding. Besar luas area disbonding yang terjadi tergantung current density. Semakin minus tegangan (volt), maka luas disbonding akan semakin besar sesuai dengan pertambahan luas disbonding yang terjadi pada permukaan pelat. Produk korosi yang dihasilkan berupa Fe 3 O (Magnetite).

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFitrullah, Muhammad197804142006041002
Thesis advisorWahyudin, WahyudinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Korosi, Coating, ICCP, Overproteksi, Disbonding
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: 03-Fakultas Teknik
03-Fakultas Teknik > 27201-Jurusan Teknik Metalurgi
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 04 Apr 2022 08:41
Last Modified: 04 Apr 2022 08:41
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11540

Actions (login required)

View Item View Item