Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

TEKNIK BERTANYA GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 1 CURUG KABUPATEN TANGERANG

BASYAR, MOCHAMAD SYAEFUDIN (2012) TEKNIK BERTANYA GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 1 CURUG KABUPATEN TANGERANG. Master thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
TEKNIK BERTANYA GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 1 CURUG KABUPATEN TANGERANG.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Asking is one of part in learning activity. Interaction of teacher-student in learning process is not released from question component. The quality of question is determined of answer quality. Teacher question is one instrument to evaluate student efective learning level. Teacher question can be used to discover student undestanding about teaching materi. The teacher understanding about question technique in studying process is one of determining factor in question succes that impacted of teaching sucess. The aim of this research to describe varition and kind of teacher question in indonesian language teaching, to explain the aim of teacher in making question in making question in teaching process, to explain question technique that the teacher used, to express some factors that influnced the usage of question in teaching process. This research is designed to use qualitative aprochment with ethography methode. Qualitative reserch is used to explain all process deeply and result reserch. Ethnography reserch required human act in daily life activity, real condition, not including experimental condition that created by the resercher. In general, the aim of ethnography to find and describe society culture or organization. Teaching is culture event. Scope room of teacher is a socioculture in education comunity. The result of reserch is concluded that the teachers don’t understand all the technique of question well. question teacher is estimated to know howthe preparation of student material and to measure pervade capacity of material that has been tought. In fact both of aim is done by question in the top and the end of studying. Something fond is the usage of teaher vocabulary in question still in oral sruckture so there is confusion in structural and gramatical in its question The usage of question technique in indonesia laguage learning can help the student to conect real experiance in their life toward learning concept that has abstract character.

Item Type: Thesis (Master)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHasani, Aceng196708201998021003
Thesis advisorEdiwarman, Ediwarman196610052001121001
Additional Information: Bertanya adalah salah satu bagian dalam kegiatan pembelajaran. Interaksi guru-siswa dalam pembelajaran tak lepas dari komponen bertanya. Kualitas pertanyaan sangat menentukan kualitas jawaban. Pertanyaan guru adalah salah satu instrumen untuk menilai tingkat keberhasilan belajar siswa. Pertanyaan guru juga dapat digunakan untuk menggali pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Pemamaha guru terhadap teknik bertanya dalam pembelajaran merupakan salah satu factor penentu keberhasilan dalam bertanya yang berdampak pada keberhasilan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan variasi dan jenis pertanyaan guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, menjelaskan tujuan guru membuat pertanyaan dalam pembelajaran, menjelaskan teknik bertanya yang digunakan guru, mengungakpkan faktor-faktor yang memengaruhi penggunaan pertanyaan dalam pembelajaran. Penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi. Penelitian kuliatatif digunakan untuk menjelaskan secara mendalam seluruh proses dan hasil penelitian. Etnografi digunakan sebagai metode karena penelitian etnografi mengharuskan kajian perilaku manusia dalam konteks seharihari, kondisi nyata, tidak di bawah kondisi eksperimental yang diciptakan oleh peneliti. Secara umum penelitian etnografi bertujuan untuk menemukan dan menggambarkan budaya suatu masyarakat atau suatu organisasi. Mengajar adalah sebuah peristiwa budaya. Ruang lingkup keseharian guru adalah sebuah sosiokultur dalam komunitas pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru belum sepenuhnya emahami teknik bertanya yang benar. Pertanyaan guru diajukan hanya bertujuan untuk mengetahui kesiapan materi peserta didik dan mengukur daya serap materi yang telah diajarkan. Pada kenyataannya kedua tujuan tersebut terlaksana melalui pertanyaan pada awal dan akhir pembelajaran. Temuan lain adalah penggunaan kosa kata guru dalam bertanya masih tersusundalam tata bahasa lisan sehingga terdapat kerancuan structural dan gramatikal dalam pertanyaannya. Penggunaan teknik bertanya dalam pembelajaran bahasa Idonesia dapat membantu siswa menghubungkan pengalaman nyata dalam kehidupannya terhadap konsep pembeljaran yang bersifat abstrak
Uncontrolled Keywords: question technique, question in learning, culture teknik bertanya, pertanyaan dalam pembelajaran, budaya
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: 08-Pascasarjana
08-Pascasarjana > 88101-Magister Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 03 Apr 2022 14:06
Last Modified: 03 Apr 2022 14:06
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11527

Actions (login required)

View Item View Item