AKWA, IIK T (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS VII A PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI PENDEKATAN VAK (VISUAL, AUDIOTORI, KINESTETIK) DAN BERBASIS MULTIMEDIA DI SMPN SATAP 4 PANGGARANGAN TAHUN PELAJARAN 20132014. Master thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MEL.PDF - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
This research aims to improve students' ability to write descriptions and improve selfesteem class VII A 4 SATAP Panggarangan SMP using Learning Approach VAK (Visual, Auditory, Kinesthetic) based multimedia. This type of research is Classroom Action Research. Subjects in this study were students of class VII A 4 SATAP Panggarangan SMP consisting of 25 students. This action research was conducted in three cycles in each cycle there are four components, namely planning, implementation action, observation, and reflection. The action is given to the application siswaberupa Learning Approach VAK (Visual, Auditory, Kinesthetic) based multimedia to improve the ability of students to write descriptions. Data collection techniques such as observation, interviews, questionnaires, tests, and documentation. Analysis using techniques of qualitative and quantitative descriptive analysis. Qualitative analysis is used for the qualitative data in the form of interviews, field notes, and Documentation The results of this study demonstrate the application of Learning Approach VAK (Visual, Auditory, Kinesthetic) based multimedia can improve the ability to write and learn to write a description of the process of class VII A 4 SATAP Panggarangan SMP. Increased student looks kemampuanmenulis description of the quality of learning process which can be seen in the enthusiasm natural siswad implementation of learning processes that take place. In addition, process improvement can be seen from the condition of the students who participate more actively participate in learning. The increase in the positive impact on improving the quality of the product. It is based on the test results of students practice writing a description of the first cycle was 62.38 and then increased in the second cycle becomes 68.8, and rose again on the third cycle with an average value of 78.66. From cycle I to cycle III increased in the second cycle 6.42 and the third cycle 9.8. Thus, the ability to write a description of class VII A 4 SATAP Panggarangan SMP has increased both process and outcome after subjected to the action by using the Learning Approach VAK (Visual, Auditory, Kinesthetic) based multimedia
Item Type: | Thesis (Master) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis deskripsi siswa kelas VII A SMPN 4 Satap Panggarangan dengan menggunakan Pendekatan Pembelajaran VAK (Visual, Auditori, Kinestetik) yang berbasiskan multimedia Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswakelas VII A SMPN 4 Satap Panggarangan yang terdiri dari 25 peserta didik. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam tiga siklus yang pada tiap siklusnya terdapat empat komponen, yaitu perencanaan, implementasi tindakan, pengamatan, dan refleksi. Tindakan yang diberikan kepada siswa berupa penerapan Pendekatan Pembelajaran VAK (Visual, Auditori, Kinestetik) yang berbasis Multimedia untuk meningkatkan kemampuan menulis deskripsi peserta didik. Teknik pengumpulan data berupa pengamatan, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif digunakan untuk data kualitatif yang berupa wawancara, catatan lapangan, dan dokumetasi Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan Pendekatan Pembelajaran VAK (Visual, Auditori, Kinestetik) yang berbasis Multimedia dapat meningkatkan kemampuan menulis dan proses belajar menulis deskripsi siswa kelas VII A SMPN 4 Satap Panggarangan. Peningkatan kemampuan menulis deskripsi siswa terlihat dari kualitas proses pembelajaran yang dapat dilihat pada keantusiasan siswa dalam pelaksanaan proses pembelajaran yang berlangsung. Selain itu, peningkatan proses dapat dilihat dari kondisi siswa yang lebih aktif berperan serta dalam pembelajaran. Peningkatan secara proses berdampak positif pada peningkatan kualitas produk. Hal ini berdasarkan hasil tes praktik menulis deskripsi siswa dari Siklus I sebesar 62.38 kemudian meningkat pada siklus II menjadi 68.8, dan meningkat lagi pada siklus ke III dengan nilai rata-rata sebesar 78.66 . Dari Siklus I sampai siklus III meningkat pada siklus II 6.42 dan pada siklus III 9.8. Dengan demikian, kemampuan menulis deskripsi siswa kelas VII A SMPN 4 Satap Panggarangan telah mengalami peningkatan baik proses maupun hasil setelah dikenai tindakan dengan menggunakan Pendekatan Pembelajaran VAK (Visual, Auditori, Kinestetik) yang berbasis Multimedia. | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Approach VAK (Visual, Auditory, Kinesthetic), multimedia and writing skills Pendekatan VAK, Multimedia dan Keterampilan menulis | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
|||||||||
Divisions: | 08-Pascasarjana 08-Pascasarjana > Magister Teknologi Pembelajaran |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 03 Apr 2022 13:20 | |||||||||
Last Modified: | 03 Apr 2022 13:20 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11519 |
Actions (login required)
View Item |