INDRABUAN, NOVIALAILA (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SENI MELALUI GERAK PANTOMIM DAN BINA BICARA, PERSEPSI BUNYI DAN IRAMA PADA ANAK TUNA RUNGU DI SMALB PERSADA PANDEGLANG. Master thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SENI MELALUI GERAK PANTOMIM DAN BINA BICARA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan unttuk mengetahui perkembangan komunikasi anak tuna rungu dan perkembangan hasil belajar melalui penerapan gerak pantomim dan BBPBI pada siswa kelas X di SKh Persada Pandeglang. Penelitian ini menggunakan tekhnik Penelitian Tindakan Kelas dilakukan melalui 3 siklus, subjek dalam penelitian observasi ini adalah anak tuna rungu berjumlah 4 orang.tekhnik pengumpulan data dan monitoring menggunakan observasi dan data evaluasi dengan tes. Analisis data menggunankan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan gerak pantomim dan BBPBI( Bina Persepsi Bunyi dan Irama) dapat meningkatkan hasil belajar seni anak tuna rungu kelas X di SKh Persada Pandeglang, hal ini terbukti dari data yang diperoleh : pada kondisi awal subjek mendapat skor rerata 45,5, termasuk kriteria cukup, setelah diberikan siklus I subjek mendapatkan skor 59,25, termasuk kriteria baik, terjadi peningkatan 14 %. Pada siklus II mendapatkan skor 76,25 terjadi peningkatan 17 %. Dan pada siklus III dengan skor rerata 95,5, dan terjadi peningkatan sebesar 19 %. Selain terbukti dapat meningkatkan hasil belajar, juga dapat meningkatkan kemampuan komunikasi melalui perkembangan bahasa anak tuna rungu
Item Type: | Thesis (Master) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | kemampuan gerak pantomim, BBPBI ( Bina Bicara Bunyi dan Irama), Hasil Belajar seni | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 08-Pascasarjana 08-Pascasarjana > Magister Teknologi Pembelajaran |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 03 Apr 2022 13:03 | |||||||||
Last Modified: | 03 Apr 2022 13:03 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11516 |
Actions (login required)
View Item |