Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGGUNAAN MEDIA FILM DAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI SMPN 1 KOTA SERANG

A'i, Mohamad (2014) PENGGUNAAN MEDIA FILM DAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI SMPN 1 KOTA SERANG. Master thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
PENGGUNAAN MEDIA FILM DAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KEL~1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Thesis. Instructional Technology Graduate Program Sultan Ageng Tirtayasa University. 2014 The purpose of this research is to improve the activity of learning and student learning of the students social subjects in grade VII through using media film and mind mapping. This research is done in 1 Junior High School Serang City at VII A grade that consists of 36 students in academic year 2013 – 2014 on theme of a social and cultural diversity Indonesia culture with sub-division theme of the results of culture pre-prosperous the script a Buddhist, Hinduism and Islam. The methodology of this research is action research, because the research was done to solve the problem of learning in the classroom. This research use research models of Kemmis and Taggart namely spiraling from the cycle the one to the next cycle. Each cycle includes planning, action, observation and reflection. The steps in the next cycle is the revised planning, action, observation and reflection. Before entering cycle 1 done the act of prelude by problems identification. Based on the discussions namely media uses film and mind mapping has a positive in increasing the activity of learning and learning result of the students characterized by an increased exhaustiveness students learned in any cycle, namely cycle 1 69,44%, cycle II 80,56% cycle III 94,44%. The application of learning with media film and mind mapping have a positive influence, namely can increasing the activity of learning and learning result of the students who shows its average answer students stating that students interested by learning use media film and mind mapping that they be motivated to learn. The conclusion of this research is 1) Using media film can increasing the students learning activities grade VII A in 1 Junior High School, 2) Learning mind mapping can improve student learning activities grade VII A in 1 Junior High School, 3) Using media film can increasing learning result of students grade VII A in 1 Junior High School, 4) Learning mind mapping can increasing learning result of students grade VII A in 1 Junior High School, 5) There are increasing the activity of learning and study result of the students using media film and mind mapping on the social subjects VII A grade in 1 Junior High School.

Item Type: Thesis (Master)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHidayat, Sholeh195805091981031001
Thesis advisorHasani, Aceng196708201998021003
Additional Information: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VII melalui penggunaan media film dan peta konsep. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Kota Serang siswa kelas VII A dengan jumlah 36 orang siswa pada tahun pelajaran 2013/2014 pada tema/topik : keragaman sosial dan budaya Indonesia dengan sub tema : hasil kebudayaan masa pra aksara, Hindu, Budha dan Islam. Metodologi penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research), karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Penelitian ini menggunakan model tindakan dari Kemmis dan Taggart yaitu berbentuk spiral dari siklus yang satu ke siklus yang berikutnya. Setiap siklus meliputi planning (rencana), action (tindakan), observation (pengamatan), dan reflection (refleksi). Langkah pada siklus berikutnya adalah perencanaan yang sudah direvisi, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Sebelum masuk pada siklus I dilakukan tindakan pendahuluan yang berupa identifikasi permasalahan. Berdasarkan temuan dan pembahasan yaitu penggunaan media film dan peta konsep memiliki dampak positif dalam meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (69,44%), siklus II (80,56%), siklus III (94,44%). Penerapan pembelajaran dengan media film dan peta konsep mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan rata-rata jawaban siswa yang menyatakan bahwa siswa tertarik dan berminat dengan pembelajaran menggunakan media film dan peta konsep sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Penggunaan media film dapat meningkatkan aktivitas belar siswa kelas VII A di SMPN 1 Kota Serang, 2) Pembelajaran peta konsep dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VII A di SMPN 1 Kota Serang, 3) Penggunaan media film dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII A di SMPN 1 Kota Serang, 4) Pembelajaran dengan peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII A di SMPN 1 Kota Serang, 5) Terdapat peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dengan menggunakan media film dan peta konsep pada mata pelajaran IPS siswa kelas VII di SMPN 1 Kota Serang
Uncontrolled Keywords: media film, mind mapping, activity learning and learning result Media Film dan Peta Konsep, Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 08-Pascasarjana
08-Pascasarjana > Magister Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 03 Apr 2022 09:48
Last Modified: 03 Apr 2022 09:48
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11507

Actions (login required)

View Item View Item