Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN PROGRAM ANIMASI PEMBELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK UNTUK KELAS X DI SMKN 2 KOTA SERANG

Amrulloh, Asep (2014) PENGEMBANGAN PROGRAM ANIMASI PEMBELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK UNTUK KELAS X DI SMKN 2 KOTA SERANG. Master thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
PENGEMBANGAN PROGRAM ANIMASI PEMBELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIKUNTUK KELAS X DI SMKN2 KOTA SERANG-2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

This thesis aims to produce a computer-assisted learning media that attract, motivate students, and learning appropriate to be applied in order to improve student learning outcomes for basic lessons and electrical measurements especially related to the basic concepts of electricity. The program developed has the following characteristics: interactive, and includes a variety of media components, such as: text, images, animations, and sounds, in terms of aspects of learning, materials, and media, and the total percentage of students who achieve a passing grade after the use of multimedia learning. The method used is the method of research and development (R&D) by using models of development Dick and Carey. The measures used in this study is the analysis of instructional, learner and context analysis, formulate performance objectives, developing assessment instruments, develop learning strategies, developing and selecting materials, and conduct formative and summative evaluation. To obtain a decent animation media used in the first study validated by expert content and media experts. Furthermore, the students tested media covering the trial of small group and large group trials. Test subjects were students of first grade at Senior High School Serang city, amounting to 30 people. Results of the assessment / validation shows that (1) validation of learning materials experts are on a good qualifying with a mean of 4.5 (2) validation of instructional media experts are at excellent qualifications with an average 4.1 (3) small group trial was the very qualifications well with the average of 84.72 and (4) the trial court is in a very good qualifying with a mean of 86.06

Item Type: Thesis (Master)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorAbdullah, Rahman196105221988021001
Thesis advisorSitumorang, Robinson195710161983031002
Additional Information: Penulisan tesis ini bertujuan untuk menghasilkan suatu media pembelajaran berbantuan komputer yang menarik, dapat memotivasi siswa, dan layak untuk diaplikasikan dalam pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa untuk pelajaran dasar dan pengukuran listrik kushusnya yang berkaitan dengan konsep dasar listrik. Program yang dikembangkan memiliki karakteristik sebagai berikut: bersifat interaktif, dan mencakup berbagai komponen media yaitu teks, gambar, animasi, dan suara, ditinjau dari aspek pembelajaran, materi, dan media, dan jumlah persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar setelah menggunakan multimedia pembelajaran ini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Dick And Carey. Langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan analisis instruksional, analisis peserta didik dan konteks, merumuskan sasaran kinerja, mengembangkan instrument penilaian, mengembangkan strategi pembelajaran, mengembangkan dan memilih materi, dan melakukan evaluasi formatif dan sumatif. Untuk mendapatkan media animasi yang layak digunakan dalam pembelajaran maka terlebih dahulu divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Selanjutnya media diuji cobakan kepada siswa yang meliputi uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Subyek uji coba adalah siswa kelas X SMKN 2 kota serang yang berjumlah 30 orang. Hasil penilaian/validasi menunjukkan bahwa (1) validasi ahli materi pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik dengan rerata 4,5 (2) validasi ahli media pembelajaran berada pada kualifikasi baik dengan rarata 4,1 (3) uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat baik dengan rerata 84,72 dan (4) uji coba kelompok besar berada pada kualifikasi sangat baik dengan rerata 86,06.
Uncontrolled Keywords: Animation Program, Basic measurement of electricity, learningoutcomes Program Animasi, Dasar dan Pengukuran Listrik, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: 08-Pascasarjana
08-Pascasarjana > Magister Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 03 Apr 2022 09:26
Last Modified: 03 Apr 2022 09:26
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11505

Actions (login required)

View Item View Item